Hari Pertama PSBB Jakarta, Rupiah dan IHSG Ditutup Menguat

Senin, 14 September 2020 16:20 Reporter : Anggun P. Situmorang
Hari Pertama PSBB Jakarta, Rupiah dan IHSG Ditutup Menguat Bursa Efek Indonesia. ©Liputan6.com/Angga Yuniar

Merdeka.com - Nilai tukar Rupiah ditutup menguat 10 poin di level Rp14.880 per USD dari penutupan sebelumnya di Rp14.934 per USD. Sementara IHSG ditutup menguat nyaris 3 persen atau 2,89 persen ke level 5.161,83. Nilai transaksi tercatat mencapai Rp9,74 triliun. Dana asing masih membukukan net sell Rp478,14 miliar.

Direktur PT TRFX Garuda Berjangka, Ibrahim mengatakan, hari ini pasar sudah mendapat jawaban positif dari Presiden Jokowi dalam sidang kabinet di Istana Merdeka. Pada intinya kepala daerah jangan terburu-buru dalam memutuskan menutup wilayahnya untuk mencegah penyebaran Covid-19.

"Presiden Jokowi pun mengingatkan kembali bahwa keputusan-keputusan dalam merespon penambahan kasus di provinsi atau kabupaten atau kota agar berdasarkan data sebaran," ujar Ibrahim dalam riset harian, Jakarta, Senin (14/9).

Pernyataan diplomatis dari Presiden Jokowi, sangat jelas dan gamblang bahwa Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dalam memutuskan kembali ke PSBB sebelumnya belum berkoordinasi dengan pemerintah pusat. Namun Pemerintah terus berkomitmen mendukung kebijakan Pemerintah Daerah.

"Dampak dari PSBB tersebut adalah Konsumsi masyarakat dan Investasi yang sudah lebih baik dari bulan sebelumnya akan kembali melambat penyebabnya adalah pemerintah DKI Jakarta membatasi karyawan di perkantoran dari yang tadinya 50 persen yang masuk berubah menjadi 25 persen," jelasnya.

Baca Selanjutnya: Selain itu tempat pariwisata rekreasi...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini