Hari ke-3 TEI, pemerintah sepakati kontrak dagang Rp 669 M dengan 3 negara

Jumat, 13 Oktober 2017 17:00 Reporter : Wilfridus Setu Embu
Hari ke-3 TEI, pemerintah sepakati kontrak dagang Rp 669 M dengan 3 negara Trade Expo Indonesia 2017. ©2017 Merdeka.com/Wilfridus Setu Embu

Merdeka.com - Penandatanganan Kontrak Dagang kembali mewarnai hari ke-3 gelaran Trade Expo Indonesia (TEI) 2017. Kontrak dagang yang dilakukan hari ini berhasil membukukan nilai sebesar USD 49,58 juta atau setara Rp 669,2 miliar.

"Hari ini kita lakukan penandatanganan kontrak dagang dengan tiga negara. Thailand, Mesir, dan Saudi Arabia," ungkap Dirjen Pengembangan Ekspor Nasional (PEN) Kementerian Perdagangan, Arlinda, di ICE, BSD City, Tangerang Selatan, Banten, Jumat (13/10).

Dia mengatakan Mesir menjadi penyumbang pemasukan paling besar dalam kontrak dagang hari ini dengan nilai mencapai USD 30 juta. "Thailand itu balsem atau salep, ada juga bolt and nut, juga part fastener. Mesir, itu kopi USD 30 juta. Saudi Arabia wodden charcoal sekitar USD 1,3 juta," jelas dia.

Seperti diketahui, sejauh ini telah dilakukan sejumlah kontrak dagang dengan pembeli dari luar negeri dengan total transaksi sebesar USD 220 juta. "Transaksi yang terkait MoU, hari pertama itu USD 16 juta. Hari kedua kita sudah menandatangani USD 154 juta. Hari ini USD 49,58 juta. Totalnya sekitar USD 220 juta," jelas Arlinda.

Dia pun mengatakan Kementerian Perdagangan akan tetap melancarkan promosi produk-produk Indonesia dan menarik lebih banyak lagi pembeli dari luar. "Kita masih punya waktu, terus berupaya untuk menggaet pembeli dari luar negeri. Kami push perwakilan di luar negeri untuk menarik pembeli untuk datang," tandasnya. [bim]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini