Hari ini, SBY lantik Chatib Basri jadi menteri keuangan

Selasa, 21 Mei 2013 08:27 Reporter : Yulistyo Pratomo
Chatib Basri (kiri) menggantikan Agus MArto (kanan) sebagai menkeu. Merdeka.com/Arie Basuki

Merdeka.com - Mantan Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Chatib Basri secara resmi akan dilantik menjadi Menteri Keuangan hari ini. Pelantikan akan dilakukan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) di Istana Negara dan dilanjutkan serah terima jabatan di kantor Kemenkeu.

Chatib menggantikan Agus Martowardojo yang segera dikukuhkan menjadi Gubernur Bank Indonesia seiring berakhirnya masa jabatan Darmin Nasution .

Berdasarkan agenda yang diterima dari Biro Pers, Media dan Informasi Istana, Selasa (21/5), Chatib Basri dilantik langsung oleh Presiden SBY pukul 11.00 WIB di Istana Negara, Jakarta. Dalam pelantikan itu, SBY akan ditemani Ibu Negara Ani Yudhoyono serta sejumlah menteri Kabinet Indonesia Bersatu II.

Sebelum Chatib terpilih sebagai menteri keuangan baru, terdapat sejumlah nama yang digadang-gadang menjadi calon pengganti Agus Marto. Sebut saja Menteri Perdagangan Gita Wirjawan , Gubernur Bank Indonesia Darmin Nasution , Menteri PPN/Kepala Bappenas Armida Alisjahbana, hingga Wakil Menteri keuangan Anny Ratnawati dan Mahendra Siregar.

Usai dilantik menjadi menteri keuangan, tugas berat sudah menanti Chatib dalam beberapa hari terakhir, yakni mengikuti pembahasan RAPBN-P 2013 yang sudah diserahkan pemerintah kepada DPR. Salah satu pokok bahasan yang akan menjadi perhatian adalah rencana kenaikan harga BBM.

Setelah melantik Chatib, SBY melaksanakan agenda berikutnya, yakni menerima Sekretaris Jenderal Developing Eight (D-8) countries Seyed Mohammad Mousavi sekitar pukul 12.00 WIB di kantor presiden. [noe]

Topik berita Terkait:
  1. Menteri Keuangan
  2. Presiden SBY
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Subscribe and Follow

Temukan berita terbaru merdeka.com di email dan akun sosial Anda.