Hari Ini, Rupiah Dibuka Menguat di Level Rp14.440 per USD

Jumat, 24 Mei 2019 10:45 Reporter : Siti Nur Azzura
Hari Ini, Rupiah Dibuka Menguat di Level Rp14.440 per USD Rupiah. ©2013 Merdeka.com

Merdeka.com - Nilai tukar Rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) bergerak fluktuatif di perdagangan hari ini, Jumat (24/5). Rupiah dibuka di level Rp14.440 per USD atau menguat tipis dibanding penutupan kemarin di Rp14.480 per USD.

Mengutip data Bloomberg, Rupiah langsung melemah usai pembukaan hingga menyentuh Rp14.470 per USD. Namun kembali menguat tipis dan saat ini berada di level Rp14.469 per USD.

Sebelumnya, Direktur Utama PT Garuda Berjangka, Ibrahim Assuaibi mengatakan, berakhirnya gelombang demonstrasi ricuh tadi pagi memberi kepercayaan terhadap pelaku pasar untuk kembali memborong mata uang rupiah.

"Sehingga walaupun isu perang dagang antara AS dan China serta Brexit masih dominan, namun efek meredanya kekisruhan di Jalan Thamrin depan kantor Bawaslu, Tanah abang dan Petamburan. membuat rupiah kembali menguat," ujar Ibrahim.

Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo mengatakan, pihaknya akan terus melakukan rangkaian kebijakan untuk memastikan stabilitas nilai tukar Rupiah. Dengan demikian, nilai tukar Rupiah akan sesuai dengan nilai fundamentalnya.

"Kami memperkirakan bahwa Rupiah akan tetap bergerak stabil (usai aksi 22 Mei) dan sejalan dengan perkembangan ekonomi ke depan ada kecenderungan yang terus akan stabil dan bahkan cenderung menguat," tandasnya. [azz]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini