Pengelola Bandara Palembang Harap Mudik Idul Fitri Angkat Jumlah Penumpang Lagi

Selasa, 28 Mei 2019 10:37 Reporter : Idris Rusadi Putra
Pengelola Bandara Palembang Harap Mudik Idul Fitri Angkat Jumlah Penumpang Lagi Bandara Sultan Mahmud Baharuddin. ©sahat simarmata.blogspot.com

Merdeka.com - Pengelola Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang berharap libur dan arus pemudik Idul Fitri akan mengembalikan jumlah penumpang.

"Sejak penumpang sepi akibat harga tiket naik maka pendapatan berkurang," kata Excecutive General Manager PT Angkasa Pura II, Fahroji seperti ditulis Antara Palembang, Selasa (28/5).

Menurut dia, sebelum harga tiket pesawat naik, jumlah penumpang mencapai 12.000 hingga 15.000 orang per hari. Namun, sejak harga tiket naik jumlah penumpang menurun drastis hingga hanya 6.000 orang per hari. Bandara kehilangan pendapatan sekitar Rp3 miliar per bulan akibat turunnya jumlah penumpang pesawat udara.

"Jadi dengan adanya kenaikan harga tiket pesawat yang cukup tinggi tersebut maka jumlah pengguna jasa angkutan udara tersebut sekarang ini mengalami penurunan," katanya.

Dengan adanya penurunan jumlah penumpang tersebut maka pendapatan sebelumnya diperkirakan hilang sekitar Rp3 miliar per bulan.

Memang, lanjut dia, diperkirakan lonjakan penumpang akan terjadi saat musim mudik lebaran tahun 2019 ini. Apalagi Kemenhub telah menurunkan tarif batas atas untuk meringankan beban penumpang pesawat udara tersebut.

"Mudah-mudahan arus mudik lebaran Idul Fitri ini jumlah penumpang akan meningkat ditambah dengan penurunan tarif batas atas," katanya.

Oleh karena itu dengan adanya arus mudik lebaran maka pendapatan diperkirakan akan bertambah karena umumnya pengguna jasa transportasi udara tersebut meningkat.

Selain itu ada layanan jasa pesawat di SMB II Palembang hingga malam hari sehingga pekerja yang melaksanakan cuti lebaran akan menggunakan angkutan udara tersebut.

Dalam upaya persiapan angkutan lebaran pihaknya telah berkoordinasi dengan berbagai instansi terkait lainnya sehingga arus mudik lebaran menjadi lancar. [idr]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini