Harga Telur Ayam di Cirebon Mulai Turun, Minyak Goreng Masih Mahal

Minggu, 16 Januari 2022 12:00 Reporter : Sulaeman
Harga Telur Ayam di Cirebon Mulai Turun, Minyak Goreng Masih Mahal Telur ayam. ©2018 Merdeka.com/Imam Buhori

Merdeka.com - Harga telur ayam di Pasar Tradisional Jungjang, Desa Jungjang, Kecamatan Arjawinangun, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat berangsur-angsur turun. Saat ini, harga bahan pangan tinggi protein dijual berkisar Rp22.000 sampai 24.000 per kilogram.

"Padahal, sebelumnya kan harga telur sempat sampai Rp30.000 per kilogram," ujar salah satu pedagang saat dihubungi Merdeka.com, Minggu (16/1).

Menurutnya, turunnya harga telur ayam tersebut lantaran tak lepas dari pasokan yang kembali normal. Selain itu, permintaan masyarakat juga telah berangsur normal setelah berakhirnya masa libur Natal dan Tahun Baru (Nataru).

"Jadi, sekarang telur mulai stabil lagi sepertinya," tekannya.

Meski begitu, harga minyak goreng masih terpantau mahal tidak seperti telur ayam yang telah berangsur turun. Sebab, komoditas pangan berbasis CPO tersebut masih dijual Rp19-000 hingga Rp 20.000 per liter.

Hal ini dikonfirmasi langsung oleh ibu Isem (50) selaku konsumen yang rutin berbelanja di pasar Tradisional Jungjang, Cirebon. "Iya, minyak goreng ini yang masih mahal kada Rp19 ribu, kadang Rp20 ribu untuk satu liter. Padahal, biasanya minyak cuma Rp11.000 per liter," ucapnya.

Isem mengungkapkan, kenaikan harga minyak goreng di wilayah Cirebon sudah berlangsung cukup lama. Mengingat, lonjakan harga komoditas tersebut telah berlangsung sebelum perayaan Natal 2021.

"Minyak ini awet, belum juga turun hingga sekarang," tekannya.

Oleh karena itu, dia meminta pemerintah segera turun tangan untuk menstabilkan harga minyak goreng. Antara lain dengan melakukan operasi pasar dalam waktu dekat.

"Karena minyak ini kebutuhan pokok lah bagi masyarakat. Jadi, dengan kenaikan harga otomatis membebani masyarakat," tutupnya. [azz]

Baca juga:
Harga Minyak Goreng Masih Mahal, YLKI Endus Adanya Praktik Kartel
KPPU Selidiki Dugaan Praktik Kartel Buat Harga Minyak Goreng Mahal
Kartu Sembako Murah Jokowi Jamin Kebutuhan Masyarakat di Tengah Pandemi
Minyak Goreng di Sumsel Tembus Rp21.000 per Liter, Ini Penyebabnya
Pemerintah Guyur Pasar dengan 1,2 Miliar Liter Minyak Goreng Murah Mulai Pekan Ini
Stabilkan Harga, Pemprov Sumsel Siapkan 77,2 Ton Minyak Goreng dari Operasi Pasar

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini