Harga minyak naik, Rupiah ditutup melemah 16 poin

Selasa, 16 Februari 2016 17:36 Reporter : Idris Rusadi Putra
Harga minyak naik, Rupiah ditutup melemah 16 poin Rupiah. ©2013 Merdeka.com

Merdeka.com - Nilai tukar Rupiah bergerak melemah di akhir perdagangan hari ini, Selasa (16/2). Rupiah ditutup melemah di Rp 13.395 per USD atau melemah 16 poin (0,12 persen) dibanding penutupan sebelumnya di Rp 13.378 per USD.

Mengutip data Bloomberg, Rupiah sempat menyentuh titik terendahnya Rp 13.412 per USD yaitu pukul 15.10 WIB. Pelemahan Rupiah bertepatan dengan naiknya harga minyak mentah di perdagangan Asia.

Harga minyak naik di perdagangan Asia pada Selasa (16/2), dengan Brent menembus USD 34 per barel. Kenaikan harga minyak didorong harapan bahwa produsen utama energi Rusia dan Arab Saudi akan membahas masalah kelebihan pasokan global dalam pertemuan Doha.

Sekitar pukul 06.00 GMT, patokan Eropa, minyak mentah Brent untuk pengiriman April, diperdagangkan naik USD 1,30 atau 3,89 persen di level USD 34,69 per barel.

Mitranya, patokan AS, minyak mentah West Texas Intermediate (WTI) untuk pengiriman Maret, naik USD 1,30 atau 4,42 persen, pada USD 30,74 per barel dibandingkan dengan penutupan Jumat lalu. Tidak ada perdagangan di New York Mercantile Exchange pada Senin karena hari libur publik AS.

"Karena wakil-wakil dari produsen minyak utama terbang ke Doha untuk bertemu, api 'bullish' mendapatkan tiupan, menyebabkan harga tetap kuat," kata analis investasi pada Phillip Futures, Daniel Ang, di Singapura.

"Seperti yang kita selalu percaya bahwa ini bukan pertemuan yang akan menghasilkan apa-apa, pasar tetap waspada dari setiap perjanjian mendadak yang produsen minyak besar bisa lalukan." [idr]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini