Harga Minyak Goreng Curah Disebut Sulit Kembali ke Rp 14.000 per Liter Saat ini

Jumat, 13 Mei 2022 14:15 Reporter : Anggun P. Situmorang
Harga Minyak Goreng Curah Disebut Sulit Kembali ke Rp 14.000 per Liter Saat ini Minyak goreng curah. ©Liputan6.com/Angga Yuniar

Merdeka.com - Harga minyak goreng curah masih mahal di level Rp20.000 per liter. Harga tersebut masih di atas Harga Eceran Tertinggi (HET) yang ditetapkan pemerintah sebesar Rp14.000 per liter. Sementara itu, minyak goreng kemasan masih bertahan Rp25.000 per liter.

Direktur Center of Economic and Law Studies (Celios), Bhima Yudhistira menilai, harga minyak goreng curah sulit turun ke Rp14.000 per liter. Sebab, saat ini kebutuhan terhadap minyak goreng curah masih cukup tinggi.

"Kalau untuk turun ke level Rp14.000 per liter masih sulit karena ada dua faktor. Pertama, permintaan minyak curah masih tinggi karena masih dalam momen lebaran dimana konsumsi minyak goreng lebih tinggi 40 hingga 50 persen dibanding waktu normal," katanya kepada merdeka.com, Jakarta, Jumat (13/5).

Sementara itu, konsumsi masyarakat juga terdorong pelonggaran mobilitas untuk makan diluar rumah. Kebutuhan minyak curah warung makan dan industri kecil yang memproduksi makanan terdorong naik.

Kedua, ada risiko pengusaha yang kehilangan pendapatan imbas pelarangan ekspor CPO dan akan mengkompensasikan kerugian ke marjin harga minyak goreng. Andai dipaksa pemerintah untuk turunkan harga di ritel khawatir hanya temporer.

Bhima menilai, masalah utama minyak goreng curah ada di pengawasan distribusi. Di mana minyak curah lebih kompleks dibanding minyak kemasan. Jalur distribusinya relatif panjang dari produsen sampai ke pasar tradisional.

Hal ini menimbulkan risiko repacking curah ke kemasan premium, apalagi disparitas harganya jauh sekali antara Rp14.000 per liter hingga Rp24.000 per liter. "Kalau pedagang mau bermain curang akan dapat profit Rp10.000 per liter. Ini mafia mafia juga yang manfaatkan situasi," katanya.

Dia menambahkan, sebenarnya pemerintah bisa memanfaatkan peran Bulog dalam menyediakan minyak goreng curah murah. "Bulog juga perlu didorong kapasitas untuk distribusi minyak goreng sehingga pengawasan lebih mudah. Selama ini kan Bulog hanya pegang beras, jagung dan kedelai yang menjadi amanat utama," tandasnya.

2 dari 2 halaman

Kemenkeu Klaim Harga Minyak Goreng Curah Mulai Turun

harga minyak goreng curah mulai turun

Per April 2022 tingkat inflasi sudah berada di level 3,47 persen (yoy). Kepala Badan Kebijakan Fiskal Kementerian Keuangan, Febrio Kacaribu mengatakan, berbagai harga bahan pangan memang mengalami peningkatan namun masih bisa dikelola dengan baik.

Mulai dari harga aneka bawang yang masih relatif terjaga. Harga bawang putih mulai mengalami penurunan seiring dengan keluarnya izin impor bawang putih. Begitu juga dengan bawang merah yang mengalami kenaikan cukup tinggi. Namun kenaikan harga aneka bawang ini tidak terlalu signifikan memberikan kontribusi pada Indeks Harga Konsumen (IHK).

"Bawang putih itu relatif terjaga dan bawang merah itu relatif cukup tinggi," kata Febrio dalam Taklimat Media, Tanya BKF: Mengoptimalkan Sumber Pertumbuhan Ekonomi ke Depan, Jakarta, Jumat (13/5).

Sementara itu harga minyak goreng masin terpantau mengalami gejolak seiring dengan naiknya harga komoditas CPO. Isu minyak goreng kemasan menjadi perhatian pemerintah karena kenaikannya yang relatif tinggi mengikuti perkembangan nilai keekonomian CPO. Namun berdasarkan data terkini harga minyak goreng curah mulai melandai.

"Kita lihat harga minyak goreng curah saat ini year to date nya itu negatif 4 persen, ini harus kita jaga," kata dia.

Begitu juga dengan harga gula pasir yang juga masih relatif terjaga. Memang ada kenaikan tipis menjelang hari raya, namun tetap terkendali seiring dengan adanya musim giling pada Mei-Juni tahun ini.

Kenaikan harga daging sapi beberapa waktu lalu, kata Febrio, tidak terlepas dari kebutuhan masyarakat yang tinggi menjelang Lebaran. Kenaikan harga tersebut tinggi karena stoknya menipis. Namun pemerintah telah melakukan penugasan kepada Perum Bulog untuk melakukan upaya stabilitas harga daging.

"Mudah-mudahan ke depan bisa dikelola dengan baik," kata dia.

[bim]

Baca juga:
Kemenkeu Klaim Harga Minyak Goreng Curah Mulai Turun
Curhat Pedagang ke Wamendag: Kami kok Sulit Mendapatkan Minyak Goreng
Cegah Penimbunan, Minyak Goreng Curah akan Dibuat dalam Produk Kemasan
Polemik Minyak Goreng Tak Kunjung Usai, Ombudsman RI Panggil Kementerian & Lembaga
Tunggu Penugasan Pemerintah, Bulog Jamin Harga Minyak Goreng Bisa Rp14.000/Liter
Harga Minyak Goreng Curah di Medan Masih Berada di Atas HET
Pasca Lebaran, Harga Cabai dan Minyak Goreng Curah Masih Tinggi

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini