Harga gas 12 kg naik, masyarakat pilih gunakan gas 3 Kg

Reporter : Harwanto Bimo Pratomo | Jumat, 22 Februari 2013 15:14
Harga gas 12 kg naik, masyarakat pilih gunakan gas 3 Kg
gas 3kg. ©2012 Merdeka.com/arie basuki

Merdeka.com - Kenaikan harga gas elpiji 12 Kg yang rencananya mulai dijalankan bulan depan, melahirkan potensi migrasi pengguna ke gas elpiji 3 kg. Dari data Pertamina, konsumen gas elpiji 12 kg hanya 20 persen.

Kepala Ekonom Bank Mandiri Destry mengatakan, jika ini terjadi maka anggaran subsidi makin besar. Sebab, elpiji 3 kilogram masih mendapatkan subsidi dari pemerintah.

"Masalahnya bisa terjadi penyalahgunaan," ujar Destry saat ditemui di gedung Kementerian Keuangan, Jakarta, Jumat (22/2).

Dampak lain dari kenaikan harga gas elpiji adalah tekanan inflasi. Namun, dia meyakini dampak terhadap inflasi tidak terlalu besar, sekitar 0,1-0,2 persen.

"Yang naik itu kan 12 kg. Dari pertamina sendiri, 12 kg itu konsumsinya 20 persen maksimal. kemudian kontribusi gas ke inflasi itu dia masuk ke penggunaan energi untuk rumah tangga. itu sekitar 2,8 persen. Dengan hitungan-hitungan seperti itu, harapan kita dampaknya tidak akan terlalu besar," jelasnya.

Kenaikan harga gas elpiji 12 Kg juga mendapat perhatian khusus dari Kementerian Keuangan. Sebab, kenaikan harga gas diyakini memberi tekanan terhadap inflasi.

Menteri Keuangan Agus Martowardojo mengaku, pemerintah akan mencari cara untuk meminimalisir tekanan inflasi akibat kenaikan harga elpiji ini. Tujuannya agar target inflasi tahun ini tetap berada di kisaran 4,9 persen.

"Ini merupakan suatu tantangan tersendiri untuk bisa mengelola inflasi, tetapi kami optimis 4,0 persen masih kita bisa capai," ujar Agus Marto.

Dia mengaku inflasi Februari merupakan yang tertinggi. Salah satu faktornya, kata dia, banjir dan kebijakan hortikultura yang cukup memberatkan. Dia berharap, inflasi bulan ini berada di kisaran moderat.

"Kita perkirakan ada di kisaran 0,3-0,4 persen," tuturnya.

[noe]

Rekomendasi Pilihan

KUMPULAN BERITA
# Gas Elpiji

Komentar Anda



BE SMART, READ MORE