Harga Emas Diramal Bisa Melebihi Rp1 Juta per Gram di Kuartal I-2021

Rabu, 6 Januari 2021 12:29 Reporter : Sulaeman
Harga Emas Diramal Bisa Melebihi Rp1 Juta per Gram di Kuartal I-2021 Emas. kolom-inspirasi.blogspot.com

Merdeka.com - Kepala Riset dan Edukasi Monex Investindo Futures, Ariston Tjendra memprediksi harga logam mulia atau emas masih bergerak fluktuatif sepanjang 2021. Namun, harga emas tertinggi diyakini terjadi di kuartal I 2021.

"Harga sebenarnya masih bersifat fluktuatif di tahun ini. Tetapi harga tertinggi untuk emas mungkin kuartal pertama 2021," tegasnya saat dihubungi Merdeka.com, Rabu (6/1).

Ariston mengungkapkan, untuk tren positif kenaikan harga emas di kuartal-I 2021 didorong oleh akan dilantiknya Presiden Amerika Serikat (AS) terpilih Joe Biden. Sebab, Biden menjanjikan adanya stimulus dalam jumlah besar untuk memulihkan ekonomi AS yang terdampak parah pandemi Covid-19.

"Sambil menunggu stimulus dari pemerintahan baru Joe Biden. Orang ataupun investor akan masih memilih emas ya," terangnya.

Adapun untuk harga tertinggi emas pada kuartal I tahun ini diperkirakan sebesar USD 2.045 per troy ounce atau senilai lebih dari Rp1 juta per gram. Dengan catatan, nilai kurs Rupiah berada di level Rp14.200 per USD.

"Jika harga tertinggi pada kuartal I sebesar USD 2.045 per troy ons dengan catatan nilai tukar Rupiah Rp13.600, harga emas per gram akan berada di kisaran Rp999.000 per gram. Sementara jika kurs di Rp14.200 per USD, harga emas akan lebih dari Rp 1 juta per gram. Artinya kemungkinan menembus level Rp1 juta itu terbuka lebar di kuartal awal tahun ini," paparnya.

Baca Selanjutnya: Kuartal Berikutnya...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini