Harapan Menteri Sri Mulyani Saat THR dan Gaji ke-13 PNS Cair

Rabu, 8 Mei 2019 14:19 Reporter : Anggun P. Situmorang
Harapan Menteri Sri Mulyani Saat THR dan Gaji ke-13 PNS Cair Sri Mulyani Soal THR PNS. ©2019 Merdeka.com/Aksara Bebey

Merdeka.com - Kementerian Keuangan (Kemenkeu) menganggarkan dana sekitar Rp 20 triliun untuk Tunjangan Hari Raya (THR) Pegawai Negeri Sipil (PNS). Pencairan THR tersebut masih menunggu penandatangan Peraturan Menteri Keuangan (PMK) yang rencananya rampung hari ini.

Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati, berharap pencairan THR pada 24 Mei dan gaji ke-13 pada pertengahan tahun mendatang mampu mendongkrak konsumsi masyarakat. Sehingga, konsumsi yang meningkat mampu berkontribusi kepada pertumbuhan ekonomi ke depan.

"Jadi itu yang diharapkan akan bisa mendorong konsumsi," ujar Menteri Sri Mulyani di Gedung Dhanapala, Jakarta, Rabu (8/5).

Tidak hanya pencairan THR, musim Ramadan dan Lebaran juga diyakini mampu menyumbang peningkatan konsumsi. Secara langsung, minat belanja masyarakat juga akan meningkat dalam rangka memenuhi kebutuhan saat hari raya tersebut.

"Jadi ada musiman di mana masyarakat secara keseluruhan, non ASN pun juga melakukan (belanja) terutama untuk kegiatan-kegiatan pada sekitar bulan Ramadan dan Hari Raya nanti," jelas Menteri Sri Mulyani.

Meski demikian, Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia itu belum dapat memprediksi berapa sumbangsih konsumsi terhadap pertumbuhan ekonomi ke depan. Namun dia meyakini, THR tidak tidak memberi dampak yang cukup besar terhadap Gross Domestic Product (GDP) secara keseluruhan.

"Kita lihat seluruhnya berhubungan dengan confidence konsumen, jadi dalam hal ini kalau dari sisi multiplayer nya belanja masyarakat yang berasal dari THR, kalau dibandingkan dengan seluruh GDP mungkin tidak akan sangat besar, namun kan ada seasonality," tandasnya. [bim]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini