Hadapi revolusi industri ke-4, Menperin Airlangga segera luncurkan internet 5G

Rabu, 4 April 2018 12:59 Reporter : Wilfridus Setu Embu
Hadapi revolusi industri ke-4, Menperin Airlangga segera luncurkan internet 5G Menteri Perindustrian RI Airlangga Hartarto. ©2017 merdeka.com/imam mubarok

Merdeka.com - Indonesia tengah menyiapkan diri guna menghadapi revolusi industri ke-4 atau era industri 4.0. Presiden Joko Widodo bahkan telah meresmikan roadmap industri 4.0 yang dibuat Kementerian Perindustrian.

Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto mengatakan, salah satu aspek penting dalam industri 4.0 adalah kesiapan koneksi internet. Oleh karena itu, pihaknya akan bekerja sama dengan Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kominfo) untuk meluncurkan akses internet 5G di kawasan industri.

"Digital kita sedang bicarakan dengan Kominfo, salah satunya nanti di kawasan industri akan di-launch internet 5G," ungkapnya di JCC, Jakarta, Rabu (4/4).

Program peningkatan kualitas jaringan internet di kawasan industri ini bakal melibatkan perusahaan pelat merah di sektor telekomunikasi, PT Telkom Indonesia.

"Waktu Asian Games akan kita buat prototype. Itu nanti disiapkan Kominfo dan operator Telkom. Ini pasti gandeng Telkom," kata dia.

Ketua Umum Partai Golkar ini kembali menegaskan bahwa era industri 4.0 tidak akan menggerus tenaga kerja. Meskipun demikian, kata dia, perlu adanya peningkatan keahlian dan pelatihan bagi tenaga kerja Indonesia.

"Kalau tenaga kerja itu meng-create oportunity baru. Jadi di belakang robot itu banyak tenaga kerja yang mengoperasikan untuk memaintaince yang lain sehingga ada retraining dan rescaling," jelasnya.

"Jumlah tenaga kerja terbuka tetapi kesempatannya untuk yang memiliki keterampilan berbeda. Di situ tugas pemerintah untuk training. Nah kita punya program disebut Skill for Competence jadi kompetensi (tenaga kerja) dinaikan dengan keterampilan," tandas dia. [idr]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini