Hadapi Ketidakpastian, BPK Susun Kebijakan Strategis Masa Depan

Selasa, 15 Juni 2021 11:30 Reporter : Dwi Aditya Putra
Hadapi Ketidakpastian, BPK Susun Kebijakan Strategis Masa Depan gedung bpk. ©2013 merdeka.com/muhammad luthfi rahman

Merdeka.com - Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) tengah menyusun arah kebijakan inisiatif strategis di masa depan atau foresight hingga 2024. Salah satu foresight yang pertama diberi judul Membangun Kembali Indonesia Pasca Covid-19: Skenario, Peluang, dan Tantangan Pemerintah yang Tangguh.

Ketua Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), Agung Firman Sampurna mengatakan, dalam upaya menyusun foresight tersebut BPK memerlukan data informasi dan insight yang holistik, integratif lintas sektor dan tematik serta mendalam. Itu semua diperlukan agar menghasilkan foresight berdasarkan scenario planning yang akurat akuntabel relevan dan dapat dipertanggungjawabkan.

Adapun beberapa hal tersebut bisa bersumber pertama dari hasil pemeriksaan BPK sendiri. Kedua dampak atau proyeksi di bidang kesehatan, ekonomi, fiskal, moneter, keuangan, teknologi, hukum, sosial, pendidikan, lingkungan hidup, geopolitik dan politik dari para ahli dan akademi termasuk dari kalangan industri.

Selanjutnta ketiga terkait dengan regulasi dan kebijakan dari otoriatas pemerintah pusat. Dalam hal ini para menteri, kepala lembaga terkait, pemda dan para gubernur.

"Foresight telah banyak dilakukan di banyak negara diantaranya Swedia, Kanada, Amerika Serikat, Inggris, Jerman, Afrika Selatan, Uni Eropa, Jepang dan Singapura," katanya dalam Webinar Seri II: Kebijakan Pemerintah, Peluang, Tantangan, dan Kepemimpinan di Masa dan Pasca Pandemi Covid-19, Selasa (15/6).

Dia mengatakan pemerintah bisa menggunakan pendekatan foresight untuk menganalisis isu yang kompleks dengan spektrum jangka panjang dalam ranga perencanaan strategis dan pembuatan kebijakan yang berorientasi pada masa depan. Tentu dengan melihat kondisi yang masih dalam ketidakpastian.

Foresight sendiri memfasilitasi pembuatan kebijakan dalam situasi ketidakpastian yang tinggi melalui identifikasi tren, peluang dan tantangan di berbagai bidang, eksplorasi berbagai perkembangan untuk menyusun strategi masa depan, serta identifikasi identifikasi dampak jangka panjang dan kebijakan yang diambil.

"Tidak hanya dalam pembuatan kebijakan, pendekatan foresight juga digunakan dalam evaluasi dan pemeriksaan atas pelaksanaan kebijakan atau program pemerintah," ujarnya.

Baca Selanjutnya: Tingkatkan Nilai Tambah...

Halaman

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. BPK
  3. Ekonomi Indonesia
  4. Jakarta
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini