Hadapi Bonus Demografi, Pemerintah Gencar Ciptakan Lapangan Kerja

Minggu, 29 November 2020 16:12 Reporter : Intan Umbari Prihatin
Hadapi Bonus Demografi, Pemerintah Gencar Ciptakan Lapangan Kerja Presiden Joko Widodo. YouTube @Sekretariat Presiden ©2020 Merdeka.com

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menuturkan untuk menghadapi bonus demografi saat ini perlu bekerja keras. Hal tersebut bertujuan untuk menyiapkan sumber daya manusia (SDM) yang unggul.

"Kita juga harus bekerja keras menciptakan lapangan kerja yang sebanyak-banyaknya itulah yang menjadi prioritas utama pemerintah saat ini," kata Jokowi saat memberikan sambutan di HUT ke-6 PSI dalam akun Youtube PSI, Minggu (29/11).

Dia menjelaskan, di era puncak bonus demografi anak muda akan menjadi segmen terbesar dari populasi penduduk Indonesia. Proporsi anak muda yang besar ini kata Jokowi akan bisa menjadi tonic yang menguatkan bangsa.

"Tetapi juga bisa menjadi toxic menjadi racun jika kita tidak siap dari sekarang," imbuhnya.

Dia merinci saat ini setiap tahun ada sekitar 2,9 juta penduduk usia kerja baru anak-anak muda yang masuk ke pasar kerja. Apalagi di tengah pandemi terdapat kurang lebih 6,9 juta pengangguran dan 3,5 pekerja terdampak.

"Kita juga menghadapi kenyataan sebanyak 87 persen dari total penduduk pekerja memiliki tingkat pendidikan setingkat SMA ke bawah dan 39 persen di antaranya pendidikan sekolah dasar," jelasnya.

Jokowi pun mengajak PSI untuk jadi bagian dari upaya tersebut. Mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut juga mengajak seluruh kader partai solidaritas Indonesia di seluruh pelosok tanah air untuk menjadi simpul-simpul kreativitas dan penggerak optimisme anak-anak muda untuk turun tangan membantu menyelesaikan persoalan-persoalan bangsa melalui keberanian.

"Melakukan lompatan dengan kreativitas dan inovasi selamat merayakan ulang tahun ke-6 PSI dan dan teruslah hadir menginspirasi kebaruan. Melakukan lompatan kemajuan," tandasnya. [azz]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini