Gunung Kelud meletus, tiga bandara ditutup

Jumat, 14 Februari 2014 08:00 Reporter : Nurul Julaikah
Gunung Kelud meletus, tiga bandara ditutup Gunung Kelud meletus. © Facebook.com/agung.i.lop

Merdeka.com - Otoritas penerbangan memutuskan menutup tiga bandara yang terkena dampak erupsi Gunung Kelud, Jawa Timur. Tiga bandara tersebut antara lain yakni Bandara Juanda (Surabaya), Adi Sucipto (Yogyakarta), dan Adi Soemarmo (Solo). Otomatis, aktivitas penerbangan ditiadakan.

"Ya ada tiga bandara yang ditutup akibat debu vulkanik, itu ada Adi Sucipto, Adi Soemarmo dan Juanda," ujar Kapuskom Kementerian Perhubungan, Bambang Ervan kepada merdeka.com, Jumat (14/2).

Dia menuturkan, aktivitas penerbangan di Bandara Adi Sucipto resmi ditutup hari ini hingga batas waktu yang belum ditentukan. Kondisi bandara tidak memungkinkan untuk operasional maskapai penerbangan. "Kondisi bandara dan jalan raya sudah tertutup abu vulkanik," katanya. "Jarak pandang kurang dari 500 meter," tambahnya.

Hal serupa juga diberlakukan di Bandara Adi Soemarmo dan Bandara Juanda. Aktivitas dan operasional dihentikan mulai pagi ini mengingat jarak pandang di runway kurang dari 100 meter. Kondisi appron dan jalan raya di sekitar bandara sudah tertutup oleh abu vulkanik.

"Dua penerbangan uji coba rute baru maskapai Garuda Indonesia pagi ini sudah dibatalkan dikarenakan kondisi bandara yang tertutup abu vulkanik," jelasnya.

Kerugian material akibat berhentinya aktivitas penerbangan harus ditanggung operator maskapai penerbangan masing-masing.

"Itu urusan masing-masing maskapai. Kemenhub hanya menjalankan aturan. Untuk sampai kapan ditutup ya tunggu sampai abu vulkanik bersih," tutupnya. [noe]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini