Gunakan Boiler Energi Baru Terbarukan, Vale Klaim Hemat Rp71 Miliar per Tahun

Jumat, 2 Agustus 2019 11:20 Reporter : Merdeka
Gunakan Boiler Energi Baru Terbarukan, Vale Klaim Hemat Rp71 Miliar per Tahun Boiler Energi Baru Terbarukan Perusahaan tambang nikel PT Vale. ©2019 Liputan6.com

Merdeka.com - PT Vale Indonesia, perusahaan tambang nikel, mengoperasikan boiler listrik berbasis energi baru terbarukan sejak akhir Mei 2019 lalu. Boiler ini diklaim nol emisi karena mendapat suplai listrik langsung dari PLTA milik perusahaan.

Sebagai informasi, boiler berperan penting dalam produksi nikel PT Vale. Uap yang dihasilkan dari boiler digunakan untuk proses atomisasi di burner rotary dryer dan reduction kiln, memanaskan sulfur yang digunakan pada proses reduction kiln serta berfungsi untuk memanaskan pipa bahan bakar.

"Boiler ini mendapat suplai langsung dari PLTA kami, berbeda pada model sebelumnya menggunakan bahan bakar HSFO (high sulfur fuel oil)," ujar Senior Manager Communications PT Vale, Bayu Aji, di Sorowako, Jumat (2/8).

Dengan kapasitas produksi sebesar 31 ton per jam, boiler ini mampu memproduksi uap hanya 10 menit dari kondisi warm, berbeda dengan boiler sebelumnya yang perlu menunggu waktu berjam-jam.

Dari segi biaya operasional, boiler energi baru terbarukan ini lebih ekonomis 33 kali lipat dibanding model sebelumnya. Perusahaan diklaim dapat menghemat sekitar USD 5 juta per tahun atau setara Rp71,1 miliar (asumsi Rp14.228 per USD). Sementara, proyek pembangunan alat ini menelan investasi sebesar USD 3,9 juta.

Reporter: Athika Rahma

Sumber: Liputan6 [bim]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini