Gubernur BI: Transaksi Keuangan Digital Meningkat Selama Pandemi

Minggu, 25 Juli 2021 19:20 Reporter : Dwi Aditya Putra
Gubernur BI: Transaksi Keuangan Digital Meningkat Selama Pandemi Gubernur BI Perry Warjiyo. ©2019 Liputan6.com/Angga Yuniar

Merdeka.com - Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo menyebut bahwa digitalisasi menjadi salah satu potensi penting untuk mengangkat UMKM di masa pandemi Covid-19. Terlebih, keuangan digital saat ini meningkat di tengah mobilitas yang menurun akibat adanya pembatasan masyarakat.

"Karena memang di tengah pandemi ini transaksi ekonomi dan keuangan digital meningkat. Tentu saja ini bagaimana tetap mendorong UMKM dan juga melakukan digitalisasi," kata dia dalam diskusi Peranan Perbankan dalam Memajukan UMKM, Minggu (25/7).

Perry sadar, UMKM menjadi pilar untuk mendukung pemulihan ekonomi nasional. Oleh karena itu, jika UMKM bisa masuk atau menuju digitalisasi, maka potensi mereka untuk naik kelas cukup besar.

Berdasarkan catatan BI, jumlah UMKM di Indonesia sendiri saat ini mencapai 65,5 juta. Di mana sharenya terhadap PDB adalah 57,1 persen atau kurang lebih mencapai Rp7.304 triliun. Sementara penyerapan tenaga kerja adalah 96,6 persen.

Demikian juga untuk ekspor non migas, di mana jumlah share-nya itu 15,7 persen kurang lebih sekitar USD339,2 miliar per tahunnya. Sementara dukungan kredit perbankan terhadap UMKM kurang lebih sekitar 20,5 persen dengan nilai mencapai Rp1.150 triliun. Duku

"Tetapi lebih dari itu potensi dari UMKM tidak hanya terhadap PDB, tenaga kerja, ekspor tetapi juga dalam digitalisasi," tandasnya.

Baca Selanjutnya: 65 Juta UMKM Go Digital...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini