Grab Mulai Kaji Dampak Ekonomi Penggunaan Mobil Listrik bagi Pengemudi

Selasa, 10 September 2019 15:11 Reporter : Wilfridus Setu Embu
Grab Mulai Kaji Dampak Ekonomi Penggunaan Mobil Listrik bagi Pengemudi Mobil listrik. ©2013 merdeka.com/arie basuki

Merdeka.com - Pemerintah terus mendorong pengembangan mobil listrik, termasuk untuk angkutan umum. Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi bahkan memberi sinyal akan mewajibkan operator angkutan umum dan aplikator angkutan umum untuk menggunakan mobil listrik.

Menanggapi hal ini, Executive Director Grab Indonesia Ongki Kurniawan mengatakan, rencana tersebut tengah dikaji oleh pihaknya. Salah satu bahan pertimbangan Grab terkait dampak ekonomi bagi mitra pengemudi.

"Mitra pengemudi kita cukup besar. Kalau business case-nya masuk ya pasti mereka akan coba," kata dia saat ditemui di sela peluncuran kategori 'Clean & Fix' di aplikasi Grab, Jakarta, Selasa (10/9).

Dia mengakui, salah satu alasan pentingnya penggunaan kendaraan berbasis listrik yakni untuk menjawab masalah polusi udara di daerah perkotaan, seperti Jakarta. Namun, manfaat ekonomi bagi pengemudi juga harus dipertimbangkan.

"Yang kita harapkan kalau pakai mobil atau motor listrik bukan hanya membantu (menurunkan) polusi yang mungkin sekarang jadi problem tapi juga secara ekonomi buat mitra pengemudi lebih bermanfaat," tandasnya.

Sebelumnya, Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi memberi sinyal bahwa kendaraan umum nantinya diwajibkan menggunakan kendaraan listrik.

"Suatu saat akan begitu. Jadi diwajibkan dalam jumlah tertentu. Jumlah tertentu kita akan wajibkan," kata dia di Kemenko Maritim, Jakarta, Selasa (3/9).

Meskipun demikian, hal tersebut harus dikaji dan dibicarakan terlebih dahulu dengan operator untuk angkutan umum konvensional dan aplikator untuk angkutan umum berbasis online.

"Tapi kita kaji lah, karena kita tidak mau juga sektor operasi ini punya masalah karena adanya kewajiban itu," tegas Budi. [idr]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini