Gita Wirjawan: Hanya 10,5 persen orang Indonesia yang bayar pajak

Minggu, 25 Oktober 2015 15:27 Reporter : Saugy Riyandi
Gita Wirjawan: Hanya 10,5 persen orang Indonesia yang bayar pajak Gita Wirjawan berkunjung ke merdeka.com. ©2013 Merdeka.com/M. Luthfi Rahman

Merdeka.com - Menteri Perdagangan era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mengatakan penduduk Indonesia yang membayar pajak hanya mencapai 27 juta pada 2014. Jumlah itu hanya 10,5 persen dari total penduduk di Indonesia mencapai 255 juta.

"Di Indonesia yang membayar pajak hanya 27 juta orang. Itu sama saja 10,5 persen dari total penduduk Indonesia," ujar dia dalam video yang diunggah Yale School of Management ke Youtube seperti dikutip merdeka.com di Jakarta, Minggu (25/10).

Gita menegaskan minimnya penduduk Indonesia yang membayar pajak membuat rasio terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) atau tax ratio hanya mencapai 11 persen. Angka ini masih dibawah tax ratio Filipina sebesar 13,1 persen dan Malaysia 16 persen.

"Sebagai perbandingan, rata-rata tax ratio negara-negara OECD hampir mencapai 30 persen. Tapi ini bagian yang bagus, walaupun tax ratio sangat rendah, kami menerapkan pajak perusahaan 25 persen dan untuk perusahaan yang terbuka hanya membayar pajak 20 persen," kata dia.

Gita mengaku yakin adanya penerapan aturan perpajakan untuk perusahaan tersebut dapat membuat tax ratio Indonesia mencapai 20 persen tahun ini. Untuk itu, dia menyarankan pemerintah Indonesia harus mendorong masyarakat agar membayar pajak.

"Selain itu, perlu peningkatan wajib pajak baru. Dengan begitu, kami akan mampu bersaing dengan Singapura dan Hongkong," pungkas dia. [bim]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini