KAPANLAGI NETWORK
MORE
  • FIND US ON

Gita ngaku tak berdaya kendalikan harga daging

Rabu, 15 Agustus 2012 14:01 Reporter : Moch. Andriansyah
Daging. ©2012 Merdeka.com/imam buhori

Merdeka.com - Pemerintah mengaku belum mampu mengendalikan harga daging sapi yang melonjak hampir 14 persen menjelang Lebaran ini. Sedangkan untuk kebutuhan pokok lainnya pemerintah menjamin pasokan dan harga yang terkendali.

"Kami bisa menjamin kebutuhan bahan pokok aman selama Lebaran 2012. Kami sudah melakukan pembahasan dan koordinasi dengan pihak terkait tentang masalah ini," ujar Menteri Perdagangan Gita Wirjawan di Surabaya, Jawa Timur, Rabu (15/8).

Dia mengklaim harga kebutuhan pokok secara keseluruhan sudah relatif stabil. Saat ini, dari catatan dirinya, harga daging sapi dari Rp 70 ribu per kilogram naik menjadi Rp 80 ribu per kilogramnya. "Ini beda dengan telur dan daging ayam. Dari pemantauan sejak awal hingga pertengahan Ramadan, harganya cenderung tidak mengalami kenaikan, bahkan sempat turun," ungkapnya.

Gita mengimbau masyarakat untuk tidak panik atas kenaikan harga bahan pangan menjelang Lebaran. "Kami terus berkoordinasi dengan instansi terkait, baik di tingkat pusat maupun daerah, para pelaku usaha, serta asosiasi untuk memastikan pasokan bahan pokok dapat memenuhi kebutuhan masyarakat," katanya.

Hampir satu jam Menteri Gita memantau perkembangan pasokan dan harga di Pasar Wonokromo. Gita hanya banyak berdialog dengan pedagang maupun pembeli. mendengar keluhan dari para pedagang serta pembeli daging sapi. [arr]

Topik berita Terkait:
  1. Daging Sapi
  2. Gita Wirjawan

Rekomendasi Pilihan

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Subscribe and Follow

Temukan berita terbaru merdeka.com di email dan akun sosial Anda.