Genjot Produk Lokal, Kemendag Kembangkan Industri Makanan Halal dan Busana Muslim

Senin, 3 Mei 2021 17:00 Reporter : Anggun P. Situmorang
Genjot Produk Lokal, Kemendag Kembangkan Industri Makanan Halal dan Busana Muslim Warga Padati Pasar Tanah Abang. ©2021 Liputan6.com/Johan Tallo

Merdeka.com - Menteri Perdagangan, Muhammad Lutfi mengatakan, pemerintah terus berupaya mendorong penggunaan produk dalam negeri. Setidaknya ada dua produk yang dipersiapkan mampu menjadi acuan penggunaan produk dalam negeri.

"Paling tidak kita ingin menyiapkan dua industri yang menurut saya menjadi lahan subur 270 juta masyarakat Indonesia. Pertama, industri makanan halal Indonesia. Kedua industri fesyen muslim Indonesia," ujarnya, Jakarta, Senin (3/5).

Mendag Lutfi mengatakan, Kementerian Perdagangan tidak hanya membenahi sektor demand tetapi juga dari sisi produksi atau demand side. Bagi Usaha Menengah Kecil dan Mikro (UMKM) terus diberikan pelatihan dan pengetahuan meningkatkan daya saing produk.

"Di Kementerian Perdagangan itu ada dua sektor nya, jadi ada yang kita boost di supply side nya. Ada yang kita entize demand side nya. Supply side nya untuk UMKM kita kuatkan kita perbaiki strukturnya," papar Mendag Lutfi.

2 dari 2 halaman

Rajai Pasar Regional

regional rev1

Dia melanjutkan, produk makanan halal dan fesyen milik UMKM akan didorong agar mampu merajai pasar regional. Kementerian Perdagangan juga memiliki ambisi untuk mendorong produk UMKM menjadi acuan negara lain.

"Dua produk ini menurut hemat saya bukan saja akan menjadi primadona secara lokal tetapi dia akan menjadi acuan bagi negara negara lain. Dua produk ini kami yakini menjadi pemain regional bahkan bisa menjadi pemain internasional," tandasnya.

[bim]

Baca juga:
Gaet Nasabah UMKM, Perbankan Syariah Keluarkan Produk Bernilai Lebih
Hemat Modal, Alasan Pelaku UMKM Perlu Go Digital
OJK akan Kaji Usulan Penghapusan Kredit Macet UMKM di Bawah Rp5 Miliar
Rayakan HUT ke-51, Jamkrindo Berkomitmen Dukung UMKM Bangkit di Tengah Pandemi
KSP Optimis RI Peringkat 40 Kemudahan Bisnis pada 2024

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini