Genjot Produk Lokal, Hipmi Bakal Kirim Surat Edaran ke Pengusaha di Daerah

Senin, 8 Maret 2021 11:30 Reporter : Anisyah Al Faqir
Genjot Produk Lokal, Hipmi Bakal Kirim Surat Edaran ke Pengusaha di Daerah Ketua Umum Badan Pusat HIPMI, Mardani H Maming. ©2021 Merdeka.com/Anisyah Al Faqir

Merdeka.com - Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) mendukung seruan Presiden Joko Widodo untuk mencintai produk-produk dalam negeri. Bahkan Badan Pusat HIPMI akan mengkampanyekan cinta produk dalam buatan anak negeri dengan mengirimkan surat edaran kepada kantor-kantor HIPMI di daerah.

"Kita akan bersurat secara resmi ke seluruh BPD Hipmi se-Indonesia untuk gaungkan pakai produk lokal dan kita akan kampanye secara masif," kata Ketua Umum Badan Pusat HIPMI, Mardani H Maming dalam keterangan persnya di Jakarta, Senin (8/3).

Maming mengatakan seruan ini akan membuat para produsen besar di Indonesia akan meningkatkan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) dalam produksinya. Sehingga tidak hanya pemerintah tetapi pihak swasta juga harus memiliki rasa cinta produk buatan dalam negeri. Sebab bila ini tidak dilakukan, efek domino yang diharapkan tidak tercapai.

"Karena tidak mau berupaya meningkatkan TKDN dalam proses produksinya. Nanti multiplier effect seperti yang diharapkan presiden malah tidak terjadi," tuturnya.

Hipmi juga mendorong kolaborasi antara berbagai pihak. Mulai dari usaha besar dan usaha kecil, antara BUMN dengan swasta, antara pengusaha asing dengan pengusaha lokal. Cara ini kata Maming, diharapkan bisa menciptakan pertumbuhan yang inklusif dan berkeadilan sosial.

Dia menambahkan, Hipmi mendorong inovasi dan penerapan teknologi dalam dunia usaha. Dia meminta agar para pelaku usaha yang tergabung dalam Hipmi bisa ikut serta berkolaborasi dengan pemerintah dan para pihak lainnya.

"Program ini dilakukan dengan mendorong kolaborasi bersama pemerintah, lembaga pendidikan dan lembaga pembiayaan," tandasnya. [azz]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini