Genjot Kepercayaan, Lembaga Pengelola Zakat Diminta Lakukan Pembenahan

Senin, 26 April 2021 14:24 Reporter : Dwi Aditya Putra
Genjot Kepercayaan, Lembaga Pengelola Zakat Diminta Lakukan Pembenahan Wapres Maruf Amin beri sambutan merdeka award 2021. ©2021 Merdeka.com

Merdeka.com - Wakil Presiden, Ma'ruf Amin meminta, agar lembaga pengelola zakat dapat terus melakukan pembenahan dalam melakukan penyaluran terhadap dana umat. Hal ini penting dilakukan agar kepercayaan masyarakat terhadap lembaga tersebut dapat meningkat dan penyaluran ke masyarakat dapat lebih merata.

Dana sosial seperti zakat dan wakaf memang memiliki potensi yang besar untuk membangun kesejahteraan masyarakat. Selain untuk pembangunan sarana dan prasarana keagamaan, implementasi penyaluran zakat dan wakaf juga dapat digunakan di bidang pendidikan, kesehatan dan sosial.

"Karena kita ingin kepercayaan masyarakat kepada lembaga ini terus diperkuat, sehingga masyarakat tidak ingin selalu memberikan langsung zakat kepada sesama masyarakat yang kemungkinan penggunaannya bisa kurang merata," jelasnya di Kediaman Resmi Wapres, Jalan Diponegoro Nomor 2, Jakarta, Senin (26/4).

Namun jika melalui lembaga, baik Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) maupun Lembaga Amil Zakat (LAZ), pemerintah sudah pastikan nantinya bersifat memperbaiki, lalu arah distribusinya ke tempat yang jelas supaya tepat sasaran.

Dia mengatakan, apabila pembenahan dapat dilakukan dengan baik, maka ke depan, penyerapan dana sosial pun dapat meningkat. Sehingga dalam jangka panjang, jumlah pemberi zakat dapat meningkat dan penerima manfaat dapat merasakan manfaatnya sesuai kebutuhan.

"Kita ingin ke depannya ada pembenahan-pembenahan zakat yang lebih baik, terutama agar lembaga-lembaga ini bisa menyerap lebih besar daripada sekarang. Sehingga kita bisa memonitor progress (perkembangan) nya juga," ungkap wapres.

"Jadi ada korelasi antara penerimaan melalui lembaga dan non lembaga ini sangat berpengaruh. Juga kemudian yang kedua bagaimana mendistribusikan zakat itu kepada upaya-upaya pemberdayaan yang lebih baik lagi atau tepat sasaran," tambahnya.

Baca Selanjutnya: Pembenahan Melalui Digitalisasi...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini