Gelar RUPST, BRI Sebar Dividen 50 Persen ke Pemegang Saham

Rabu, 15 Mei 2019 18:36 Reporter : Wilfridus Setu Embu
Gelar RUPST, BRI Sebar Dividen 50 Persen ke Pemegang Saham RUPST BRI Putuskan Angkat Dua Komisaris Baru. ©2019 Merdeka.com/Wilfridus Setu Embu

Merdeka.com - PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) (Persero) mengadakan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST). Dalam rapat tersebut, perseroan membagikan dividen kepada para pemegang sahamnya sebesar Rp16,1 triliun atau 50 persen dari laba bersih tahun 2018 yang sebesar Rp32,3 triliun.

"Telah dilaksanakan RUPST 2019. Adapun ringkasan hasil RUPS menyetujui laba bersih Rp32,3 triliun, dengan dividen 50 persen atau Rp16,1 triliun ditetapkan sebagai dividen tunai dan dibagikan ke pemegang saham," kata Direktur Utama BRI Suprajarto, dalam konferensi pers, di Kantor BRI, Jakarta, Rabu (15/5).

Menurut Suprajarto, sisa laba bersih yang sebesar Rp16,1 triliun ditetapkan sebagai saldo modal ditahan. Ini diharapkan mampu memenuhi ekspansi bisnis perseroan ke depan.

"Sebesar 50 persen atau Rp16,1 triliun akan digunakan sebagai saldo laba ditahan," imbuhnya.

Pembagian dividen sebesar Rp16,1 triliun ini juga lebih besar dibandingkan dengan tahun sebelumnya yang sebesar Rp13,04 triliun. Dia melanjutkan, sebagai pemegang saham mayoritas, Pemerintah akan menerima deviden sebesar Rp9,17 triliun.

"Khusus dividen pemerintah 56,75 persen atau Rp9,17 triliun," jelasnya.

Selain itu, RUPST juga memutuskan untuk merombak jajaran dewan Komisaris. Di mana Wahyu Kuncoro sebagai Wakil Komisaris Utama menggantikan posisi yang sebelumnya diduduki oleh Gatot Trihargo, dan Hendrikus Ivo sebagai Komisaris Independen menggantikan Mahmud.

"Sedangkan untuk jajaran direksi, Alhamdulillah masih sama," tandasnya.

Dengan demikian, berdasarkan keputusan RUPST 2019, maka susunan Dewan Komisaris dan Jajaran Direksi Bank BRI adalah sebagai berikut:

Komisaris Utama: Andrinof A Chaniago
Wakil Komisaris Utama: Wahyu Kuncoro
Komisaris: Nicolaus Teguh Budi Harjanto
Komisaris: Hadiyanto
Komisaris Independen: A. Fuad Rahmany
Komisaris Independen: A. Sonny Keraf
Komisaris Independen: Rofikoh Rokhim
Komisaris Independen: Hendrikus Ivo [azz]

Topik berita Terkait:
  1. Bank Rakyat Indonesia
  2. BUMN
  3. Jakarta
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini