Gelar RUPS 2019, Astra Internasional Sebar Dividen Rp 8,6 Triliun

Kamis, 25 April 2019 13:09 Reporter : Merdeka
Gelar RUPS 2019, Astra Internasional Sebar Dividen Rp 8,6 Triliun Astra bagikan dividen interim. ©2019 Liputan6.com

Merdeka.com - PT Astra Internasional Tbk menggelar Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPTST) 2019, yang memutuskan untuk bagikan dividen final sebesar Rp 8,6 triliun. Jumlah tersebut merupakan 40 persen dari laba bersih perseroan sepanjang tahun 2018, mencapai Rp 21,6 triliun.

Laba persih perseroan naik 15 persen dari tahun sebelumnya yang sebesar Rp 18,85 triliun. Sementara, sisa laba bersih sebesar Rp 13 triliun dibukukan sebagai laba ditahan perseroan.

Sebelumnya, PT Astra Internasional Tbk sudah membagikan dividen interim pada Oktober 2018 lalu sejumlah Rp 2,4 triliun dengan nilai Rp 60 per saham.

Setiap pemegang saham sendiri berhak mendapatkan Rp 214,13 per saham. Artinya, terdapat sisa Rp 6,23 triliun atau Rp 154,13 per lembar saham yang akan dibagikan oleh Astra 24 Mei mendatang.

Lebih lanjut, tahun ini Astra menggelontorkan Rp 30 triliun untuk capital expenditure (capex) alias belanja modal. Nilai ini naik dari anggaran tahun lalu sebesar Rp 29 triliun.

Untuk kuartal pertama 2019, laba bersih Astra mencapai Rp 5,22 triliun, naik 5 persen dibandingkan tahun 2018 sebesar Rp 4,98 triliun dengan periode yang sama. Adanya penurunan kinerja di anak usaha membuat kinerja keseluruhan Astra sedikit terganggu.

Sementara, RUPST tersebut juga membahas pengunduran diri Takayuku Yoshitsugu sebagai Komisaris Independen Perseroan dan mengangkat Akihiro Murakami sebagai Komisaris Independen Perseroan yang baru. Kemudian, diangkat pula John Raymond Witt dan Stephen Patrick Gore sebagai Komisaris Perseroan. FXL Kesuma juga menjabat sebagai Direktur Perseroan.

Untuk membantu kinerja Prijono Sugiarto sebagai Presiden Direktur, juga diangkat Djony Bunarto Tjondro sebagai Wakil Presiden Direktur. Berikut jajaran direksi dan komisaris perseroan yang baru:

Direksi Perseroan

Presiden Direktur: Prijono Sugiarto

Wakil Presiden Direktur: Djony Bunarto Tjondro

Direktur: Johannes Lomas

Direktur: Suparno Djasmin

Direktur: Bambang Widjanarko Santoso

Direktur: Chiew Sin Cheok

Direktur: Gidion Hasan

Direktur: Henry Tanoto

Direktur: Santosa

Direktur: Gita Tiffani Boer

Direktur: FXL Kesuma

Komisaris Perseroan

Presiden Komisaris: Budi Setiadharma

Komisaris Independen: Muhammad Chatib Basri

Komisaris Independen: Sri Indrastuti Hadiputranto

Komisaris Independen: Akihiro Murakami

Komisaris: Anthony John Liddell Nightingale

Komisaris: Benjamin William Keswick

Komisaris: Mark Spencer Greenberg

Komisaris: David Alexander Newbigging

Komisaris: John Raymond Witt

Komisaris: Stephen Patrick Gore

Reporter: Athika Rahma

Sumber: Liputan6.com [azz]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini