Gelar Mudik Gratis, Pertamina Berangkatkan 11.000 Pemudik ke Kampung Halaman

Rabu, 29 Mei 2019 10:27 Reporter : Merdeka
Gelar Mudik Gratis, Pertamina Berangkatkan 11.000 Pemudik ke Kampung Halaman Pertamina Pulangkan 11 Ribu Pemudik Ke Kampung Halaman. ©Liputan6.com/Pebrianto Eko Wicaksono

Merdeka.com - PT Pertamina (Persero) menyelenggarakan mudik gratis pada 2019 dengan memberangkatkan 11 ribu pemudik ke kampung halaman. Jumlah pemudik yang diberangkatkan pada tahun ini meningkat sekitar 36 persen, dari tahun sebelumnya yang berjumlah 8.072 orang.

Direktur Sumber Daya Manusia Pertamina, Koeshartanto ‎mengatakan, 5 ribu dari 11 ribu pemudik ‎diberangkatkan dari Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta dengan menggunakan 79 bus ke berbagai wilayah di Pulau Jawa.

"Ini tahun ke 14 Pertamina hadir, Alhamdulillah terus meningkat, hari ini mengantarkan 5 ribu orang," Koeshartanto, saat melepas mudik gratis di TMII‎, Jakarta, Rabu (29/5).

Bus yang berangkat dari Jakarta akan menuju 12 kota tujuan yaitu Surabaya, Kudus, Semarang, Wonogiri, Yogyakarta, Purwokerto, Wonosobo, Purworejo, Mojokerto, Kuningan, Prabumulih dan Palembang.

Selain dari Jakarta, Pertamina juga memberangkatkan pemudik dari Pekanbaru dengan 5 bus mengangkut 200 pemudik ke 1 kota tujuan yaitu Padang.‎

Sedangkan untuk transportasi laut, Pertamina juga menambah titik keberangkatan pada tahun ini. Jika tahun sebelumnya keberangkatan hanya dari Makassar, maka tahun ini titik keberangkatan ditambah dari Jakarta dan Surabaya, dengan 8 rute ke lima kota tujuan yaitu Surabaya, Makassar, Ambon, Bau Bau dan Sampit. Total pemudik yang diberangkatkan dengan kapal laut mencapai 6.300 orang.

Vice President Corporate Communication Pertamina, Fajriyah Usman menambahkan, seluruh kendaraan bis yang digunakan telah melewati proses pengecekan dan prosedur safety. Semua bis juga dilengkapi dengan alat P3K, live tracking, dan tool kit seperti ban serep. Selain itu untuk awak kemudi juga disiapkan 2 orang pengemudi untuk mengantisipasi kelelahan selama menghantar pemudik ke kota tujuan.

"Demi menjaga keselamatan penumpang, seluruh pengemudi juga wajib menjalani tes kesehatan untuk memastikan pengemudi dalam kondisi bugar. Selain itu, Pertamina juga memberikan asuransi untuk semua pemudik bis dari Jakarta dan Pekanbaru dari anak perusahaan Pertamina yaitu Asuransi Tugu Pratama Indonesia. Sedangkan untuk pemudik dengan kapal laut, asuransi sudah termasuk dalam biaya tiket," pungkasnya.

Reporter: Pebrianto Eko Wicaksono

Sumber: Liputan6.com [idr]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini