Garuda Indonesia: Tak Ada Kenaikan Harga Tiket di Libur Natal dan Tahun Baru

Selasa, 26 November 2019 13:01 Reporter : Dwi Aditya Putra
Garuda Indonesia: Tak Ada Kenaikan Harga Tiket di Libur Natal dan Tahun Baru Garuda Indonesia. ©2014 merdeka.com/arie basuki

Merdeka.com - Direktur Niaga PT Garuda Indonesia (Persero), Pikri Ilham Kurniansyah memastikan bahwa tidak ada kenaikan harga tiket pada masa angkutan Natal dan Tahun Baru (Nataru) periode 2019-2020. Menurutnya, harga tiket yang diberikan sama seperti hari-hari biasanya.

"Kami sampaikan tidak ada kenaikan harga selama Nataru," katanya dalam acara ngopi BUMN di Jakarta, Selasa (26/11).

Secara besaran harga pihaknya tidak bisa menentukan secara sepihak. Mengingat, harga sudah ditentukan tarif batas atasnya oleh pemerintah melalui peraturan menteri. Sehingga, tidak ada permainan harga pada saat Nataru.

"Sekali lagi kita tegaskan tidak ada kenaikan. Kami juga tegaskan Airline manapun tidak boleh jual dari tarif batas atas. Kalau ada travel agen menjual di atas ketentuan kita, kita akan blacklist," kata dia.

1 dari 1 halaman

Komponen Pembentuh Harga Tiket Pesawat

Di samping itu, dirinya juga meluruskan selama ini masih banyak masyarakat beranggapan bahwa harga tiket mahal dan melebihi dari tarif batas atas yang ditentukan pemerintah. Secara perhitungan, komponen tarif tiket pesawat terbagi menjadi tiga. Pertama yakni harga tiket itu sendiri, kedua biaya operasional Airport Tax atau Passenger Service Charge dan pajak penghasilan (PPn)

"Contoh Jakarta-Yogyakarta Rp846.000. Tetapi melalui terminal 3 ada Airport Tak Rp130.000 ada PPn 10 persen, asuransi Rp5.000, harga akan mencapai Rp1 juta lebih. Padahal harga Rp846.000. Kenapa harga di atas tarif batas atas ini jadi persoalan yang belum kelar di masyarakat. Di dalam tiket masih ada tambahan dan lain-lain dari pihak stakeholder," tandasnya. [idr]

Baca juga:
Garuda Indonesia Pastikan Pesawat Layani Libur Natal & Tahun Baru Bakal Laik Terbang
Jajaran Direksi Garuda Indonesia Turun Lapangan Pantau Layanan Libur Nataru
Cuaca Buruk, Pesawat Garuda Indonesia Mendarat di Halim Perdanakusuma
Garuda Indonesia Siapkan 2 Pesawat Raksasa Layani Libur Natal dan Tahun Baru
Sriwijaya Air Terbang Tanpa Garuda Indonesia, Ini Permintaan Menhub Budi
Kemenhub Beri Perhatian Lebih Pada Sriwijaya Usai Bercerai dengan Garuda Indonesia

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini