Garuda Indonesia soal Peluang Swasta Jual Avtur: Jangan Berandai-andai Lah

Selasa, 26 November 2019 15:28 Reporter : Dwi Aditya Putra
Garuda Indonesia soal Peluang Swasta Jual Avtur: Jangan Berandai-andai Lah Konsumsi avtur meningkat. ©2013 Merdeka.com/imam buhori

Merdeka.com - Direktur Niaga PT Garuda Indonesia (Persero), Pikri Ilham Kurniansyah angkat suara terkait rencana Kementerian Perhubungan (Kemenhub) yang akan mengundang swasta untuk menjual avtur di seluruh bandara Indonesia. Menurutnya, langkah tersebut bisa menjadi pertimbangan pihaknya untuk mencari alternatif.

"Jangan berandai-andai lah, kita kan pembeli fakta ajah. Contohnya misalnya bakwan ada yang 1.000, nanti ada bakwan yang Rp 500, itu kan nanti," katanya saat ditemui di Kementerian BUMN, Jakarta, Selasa (26/11).

Di sisi lain, dirinya juga berharap agar harga avtur pemerintah tidak naik pada saat angkutan Natal dan Tahun Baru (Nataru) periode 2019-2020. Sebab, apabila naik maka akan berdampak pada harga tiket.

"Avtur mudah-mudahan kita doakan harga dunia itu, mudah-mudahan jangan naik," katanya.

1 dari 1 halaman

Harga Avtur Mahal Kembali Disinggung

Seperti diketahui, harga avtur Pertamina kembali disinggung Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi sebagai biang kerok mahalnya harga tiket pesawat di Indonesia. Menhub Budi pun berencana membuka kesempatan perusahaan lain berjualan avtur untuk menurunkan harga.

Direktur Utama Pertamina, Nicke Widyawati menegaskan, harga avtur yang ditetapkan Pertamina sudah sesuai formula yang ditetapkan pemerintah. Sebagai penyalur, Pertamina hanya mengikuti ketentuan yang sudah ditetapkan pemerintah.

"Tiap dua pekan dan ada formulanya. Harga avtur, BBM dan Solar. Itu pakai formula yang ditetapkan pemerintah. Kita ikuti aturan saja," kata Nicke, disela acara Pertamina Energy Forum, di Jakarta, Selasa (26/11).

Menurut Nicke, harga avtur yang dijual Pertamina bersaing dengan perusahaan lain, hal tersebut dibuktikan dengan digunakannya avtur Pertamina oleh maskapai dalam negeri saat di bandara luar negeri.

"Untuk harga, kita menyediakan avtur untuk airline kita di luar negeri, harga avtur Pertamina cukup kompetitif," tuturnya. [idr]

Baca juga:
Awal Tahun, 1 Pesawat Garuda Indonesia Siap Layani Kargo Merpati Airlines
Garuda Indonesia: Tak Ada Kenaikan Harga Tiket di Libur Natal dan Tahun Baru
Garuda Indonesia Pastikan Pesawat Layani Libur Natal & Tahun Baru Bakal Laik Terbang
Jajaran Direksi Garuda Indonesia Turun Lapangan Pantau Layanan Libur Nataru
Garuda Indonesia Siapkan 2 Pesawat Raksasa Layani Libur Natal dan Tahun Baru
Cuaca Buruk, Pesawat Garuda Indonesia Mendarat di Halim Perdanakusuma

Topik berita Terkait:
  1. Garuda Indonesia
  2. Avtur
  3. Jakarta
Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini