Garap proyek CPC, PT Pertamina bakal ditongkrongi Menteri Rini

Jumat, 29 September 2017 13:34 Reporter : Siti Nur Azzura
Garap proyek CPC, PT Pertamina bakal ditongkrongi Menteri Rini Rini Soemarno. ©2017 Merdeka.com

Merdeka.com - Direktur Perencanaan Investasi dan Manajemen Resiko PT Pertamina, Gigih Prakos tengah melakukan pembahasan kerja sama dengan badan Usaha Milik Negara (BUMN) lainnya untuk meningkatkan sinergi antar perusahaan BUMN.

Seperti diketahui, PT Pertamina baru saja menandatangani kerja sama dengan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Kluster Industri Berat dan Perkapalan. BUMN perkapalan yang bekerja sama dengan Pertamina adalah PT PAL Indonesia, DKB, PT Dok dan Perkapalan Surabaya, PT Industri Kapal Indonesia, Barata Indonesia, dan PT Boma Bisma Indra.

"Manajemen Pertamina sangat mendukung sinergi ini, karena bisa menyatukan kekuatan BUMN untuk menangkap peluang bisnis ke depan," kata Gigih di Kementerian BUMN, Jakarta, Jumat (29/9).

Dia menambahkan, salah satu proyek yang tengah dibahas adalah proyek calcined petroleum coke (CPC) dengan PT Indonesia Asahan Alumunium (Inalum). CPC merupakan salah satu komponen pendukung dalam proses pengolahan mineral di smelter. Dari kerja sama ini, 75 persen kepemilikan milik PT Pertamina dan 25 persen milik Inalum.

"Kami melakukan sinergi ini dengan BUMN lain juga, misalnya pengerjaan pipa Duri Dumai Pertamina gabung dengan PGN minggu depan, nanti sore kami meneruskan pembahasan dengan Inalum untuk pembangunan CPC yang sudah lama menggantung," imbuhnya.

Menteri BUMN Rini Soemarno mengatakan akan memantau langsung berjalannya proyek ini. Sebab, proyek ini sudah dimulai sejak 2014 dan ditargetkan tuntas pada 2020, namun hingga saat ini belum terlihat kemajuan.

"Sepertinya sejak tiga tahun saya di sini tidak selesai-selesai, sampai pernah saya pikir kalau perlu saya tongkrongin nih Pertamina," canda Menteri Rini. [idr]

Topik berita Terkait:
  1. Pertamina
  2. BUMN
  3. Jakarta
Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini