Gandeng Genesis, CIMB Niaga Siapkan Pembiayaan Startup Rp300 M di 2019

Senin, 27 Mei 2019 12:42 Reporter : Merdeka
Gandeng Genesis, CIMB Niaga Siapkan Pembiayaan Startup Rp300 M di 2019 Kejasama PT Bank CIMB Niaga Tbk (BNGA) dan perusahaan Singapura, Genesis Alternative Ventures. ©Liputan6.com/Bawono Yadika

Merdeka.com - PT Bank CIMB Niaga Tbk (BNGA) dan perusahaan investasi pinjaman ventura dari Singapura, Genesis Alternative Ventures (Genesis) menjalin kerjasama pembiayaan pengembangan perusahaan-perusahaan start-up berbasis teknologi di Indonesia. Pada tahun ini, perseroan dan Genesis menyediakan pembiayaan senilai Rp300 miliar.

"Ekonomi digital Indonesia yang berkembang pesat telah menjadikannya salah satu hotspot teknologi di kawasan ini dan kami yakin banyak pengusaha akan melihat produk dan layanan ini sebagai alat integral untuk menciptakan pertumbuhan," tutur Presiden Direktur CIMB Niaga, Tigor Siahaan, di Jakarta, Senin (27/5).

Dia menambahkan, perusahaan telah memiliki daftar (pipeline) startup dan ditargetkan akan mulai berinvestasi pada sejumlah startup itu sesudah Lebaran 2019 ini. "Tapi bukan startup yang baru mulai, kita menyasar yang sudah ada pilotnya, pasarnya dan committed for the long term," ujarnya.

Sementara itu, alasan di balik kerjasama dengan Genesis, dia menjelaskan bahwa kontribusi yang dilakukan Genesis di Singapura sejalan dengan visi CIMB Niaga untuk memajukan startup di Indonesia.

"Dari segi based practiced, beberapa pendanaan yang dilakukan Genesis di Singapura sejalan dengan spirit kami. Mereka sudah lakukan venture financing dan ada investasi coworking space juga disana," ungkapnya.

Adapun bantuan sejumlah Rp300 miliar tersebut difokuskan untuk perusahaan startup yang bergerak di bidang fashion dan ritel, manufaktur, F&B, properti, kesehatan, keamanan digital, dan bisnis transportasi.

"Intinya, CIMB Niaga ingin mendorong semakin banyak unicorn di Indonesia melalui pembinaan startup di dalam negeri," kata dia.

Reporter: Bawono Yadika Tulus

Sumber: Liputan6

[bim]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini