Gandeng Blanja hingga Tokopedia, pemerintah yakin produk UKM lokal laris

Jumat, 15 Desember 2017 12:57 Reporter : Wilfridus Setu Embu
Direktur Jenderal IKM Gati Wibawaningsih. ©2017 Merdeka.com/Wilfridus Setu Embu

Merdeka.com - Direktur Jenderal Industri Kecil dan Menengah (IKM) Kementerian Perindustrian, Gati Wibawaningsih, memastikan bahwa produk yang dihasilkan oleh IKM pasti terserap oleh pasar. Sebab, pihaknya telah menggandeng beberapa market place online atau daring untuk memasarkan produk IKM.

"Kita sudah kerja sama dengan 5 market place Blanja, Tokopedia, Shoppe, Bukalapak, Blibli. Ada 5, kalau dilihat untuk IKM sudah tidak ada masalah (untuk memasarkan produk)," ungkapnya di Kementerian Perindustrian, Jakarta Selatan, Jumat (15/12).

Namun, Gati mengatakan bahwa hambatan yang masih dihadapi dalam pengembangan IKM adalah kualitas SDM baik pelaku, maupun petugas di tempat-tempat pelatihan. "Nanti kita akan berikan pelatihan untuk para pengurus UPT daerah, karena kalau pengetahuan ditingkatkan, mereka lebih percaya diri membina," kata dia.

Selain itu, dia mengatakan pemerintah akan mendorong perbaikan 24 rumah kemasan yang dibina oleh dinas dan sentra-sentra pembinaan IKM, seperti peningkatan kualitas alat dan bantuan kemasan untuk pelaku IKM.

"Kita mulai dari sentra. Karena kalau kita bantu yang di sentra lebih mudah. Kita kasih mesin bisa dipakai banyak orang. Kita bikin material center di situ bisa dipakai banyak orang, kita bikin pelatihan bisa persertanya anggotanya banyak dari sentra itu," tandasnya.

[bim]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini