Gaji Kecil tapi Ingin Tetap Bisa Menabung, Coba Terapkan 3 Strategi Ini

Senin, 12 April 2021 06:00 Reporter : Merdeka
Gaji Kecil tapi Ingin Tetap Bisa Menabung, Coba Terapkan 3 Strategi Ini Ilustrasi menabung. ©2012 Shutterstock/Brian A Jackson

Merdeka.com - Memasuki dunia kerja profesional dan berhasil menghasilkan gaji sendiri membuat semua orang berpikir lebih serius tentang rencananya di masa depan. Salah satunya dengan menabung.

Semua orang pasti punya target yang sama, yaitu kondisi yang stabil, utamanya keuangan bahkan sampai hari tua nanti.

Namun, dengan memiliki penghasilan yang besar atau mungkin bekerja ekstra dengan jumlah jam kerja yang lebih panjang saja tidak menjamin anda memiliki kondisi yang aman di masa depan.

Kuncinya ialah kemampuan untuk mengelola keuangan dan menyisihkan uang yang ada atau menabung dengan proyeksi pada kehidupan jangka panjang.

Dikutip dari BusinessInsider, ada 3 prinsip paling dasar yang bisa mengantarkan seseorang pada kehidupan nyaman dengan kondisi keuangan yang stabil sekalipun nilai pemasukan tidak begitu besar.

1. Hati-Hati dengan Pengeluaran

Bagian penting saat ingin sukses menabung ialah bagaimana cara agar bisa menghemat dan memastikan tidak ada pengeluaran yang sia-sia. Karena itu, prinsip dasar untuk mencapai kesuksesan saat menabung anda perlu memantau setiap pengeluaran dengan hati-hati.

Gunakan pencatatan manual atau lebih baik dengan layanan otomatis seperti aplikasi keuangan yang membantu membuatkan pembukuan. Buat anggaran secara periodik, lebih baik jika spesifik seperti anggaran mingguan.

Baca Selanjutnya: 2 Temukan Cara Pangkas Pengeluaran...

Halaman

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Tips Keuangan
  3. Menabung
  4. Jakarta
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini