Fokus OJK dalam Upaya Pemulihan Ekonomi Nasional

Kamis, 14 Oktober 2021 11:51 Reporter : Dwi Aditya Putra
Fokus OJK dalam Upaya Pemulihan Ekonomi Nasional Ketua Dewan Komisioner OJK, Wimboh Santoso. ©2021 IKetua Dewan Komisioner OJK, Wimboh Santoso

Merdeka.com - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) terus konsisten dalam upaya membantu pemerintah untuk mendorong percepatan pemulihan ekonomi Indonesia. Salah satunya yakni fokus terhadap peningkatan permintaan dalam negeri.

Ketua Dewan Komisioner OJK, Wimboh Santoso mengatakan, di tengah pelonggaran mobilitas terjadi belakangan ini menjadi kesempatan dalam mendorong permintaan domestik. Ini diharapkan akan menjadi sumber pertumbuhan yang paling besar dalam perekonomian nasional.

"Kita mendorong peningkatan permintaan domestik. Ini penting dengan mobility yang lebih longgar kami harapkan ini menjadi sumber pertumbuhan yang paling besar," kata Wimboh dalam acara Capital Market Summit & Expo 2021, Kamis (14/10).

Di samping itu, OJK juga konsisten mendorong produk-produk yang berorientasi ekspor seperti tekstil. Mengingat sektor ini punya pasar cukup besar di global.

"Kami harapkan produksi tekstil di Indonesia juga tidak terganggu. Sehingga merupakan ini potensi yang besar bagi kita baik pembiayaan-pembiayaan maupun bagaimana kebijakan-kebijakan kita arahkan agar kita mempunyai kompetitif dari produk tekstil yang permintaannya besar," jelas dia.

Kemudian, pihaknya juga akan berfokus pada pemulihan ekonomi di sektor yang terdampak langsung oleh pandemi, seperti pariwisata. OJK secara konsisten akan memantau dan memberikan restrukturisasi top up pinjaman kepada sektor-sektor terdampak.

"Sehingga pada saatnya apabila sektor pariwisata ini sudah bangkit kembali kita siap melayani dari berbagai transformasi, cafe dan servis-servis lain. Dan jangan sampai itu pariwisata normal ternyata kita tidak siap," tandasnya. [azz]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini