Fitch tak lagi beri peringkat utang Bank Mega

Selasa, 25 Juni 2013 13:36 Reporter : Sri Wiyanti
Fitch tak lagi beri peringkat utang Bank Mega Kantor Pusat Bank Mega. ©2012 Merdeka.com

Merdeka.com - Lembaga pemeringkat utang internasional Fitch Ratings menarik peringkat Nasional Jangka Panjang dari PT Bank Mega.

Melalui keterangan tertulis yang diterima merdeka.com, Selasa (25/6), Associate Director PT Fitch Ratings Indonesia Stefanus Yuniardhi mengatakan, alasan penarikan peringkat Nasional Jangka Panjang dari bank milik Chairul Tanjung tersebut, karena pihaknya sekarang tidak memiliki informasi yang cukup untuk melakukan pemeringkatan terhadap Bank Mega.

"Fitch Ratings Ratings telah menarik peringkat Nasional Jangka Panjang PT Bank Mega (Bank Mega) di 'A(idn)' dengan Prospek Stabil," kata Stefanus dalam keterangan tersebut.

Bank yang tergabung dalam kelompok usaha CT Corpora itulah yang memutuskan keluar dari program pemeringkatan utang Fitch. Sehingga, menurut Stefanus, alasan pencabutan status peringkat nasional bukan karena sebab bisnis atau non-teknis lainnya.

"Peringkat tersebut ditarik karena Fitch tidak lagi memiliki cukup informasi karena perusahaan telah memutuskan untuk tidak berpartisipasi dalam proses pemeringkatan," paparnya.

Oleh sebab itu, Fitch selanjutnya tidak lagi memberikan peringkat maupun analisa apapun terhadap Bank Mega.

"Selanjutnya, Fitch tidak lagi memberikan peringkat atau cakupan analisa terhadap Bank Mega," tutup Stefanus.

Dalam analisis terakhir, akhir tahun lalu, dengan rating "A(idn)" Fitch menilai Bank Mega memiliki kelemahan. Misalnya ukuran cabang yang masih kecil, profil pembiayaan yang terpusat, dan pelemahan kualitas aset. Namun, kelemahan tersebut bisa diimbangi dari capaian laba dan cadangan modal yang bertambah.

Selain dari Fitch, Bank Mega tercatat mendapat penilaian pula dari Lembaga Moody's. Bank milik orang terkaya nomor 5 di Indonesia versi Forbes itu mendapat peringkat "baa2" yang menunjukkan tingkat risiko obligasi moderat. [ard]

Topik berita Terkait:
  1. Bank Mega
  2. Fitch
Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini