Fakta Penting soal Penyaluran Bantuan Rp1,8 Juta untuk Guru Honorer Hingga Dosen

Rabu, 18 November 2020 07:00 Reporter : Idris Rusadi Putra
Fakta Penting soal Penyaluran Bantuan Rp1,8 Juta untuk Guru Honorer Hingga Dosen Guru. ©2012 Merdeka.com/sdnpuspiptek.wordpress.com

Merdeka.com - Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati mengatakan bahwa shock akibat Covid-19 jangan sampai menyebabkan kesejahteraan masyarakat merosot, meskipun banyak yang terkena pemutusan hubungan kerja (PHK). Pemerintah harus tetap menjaga agar terpenuhi kebutuhan pokoknya.

"Jangan sampai shock Covid-19 sebabkan masyarakat merosot kehidupannya dari sisi kesejahteraannya atau kalau mereka kehilangan pekerjaan mereka tetap bisa memenuhi kebutuhan pokoknya," katanya dalam diskusi daring dikutip dari Antara di Jakarta, Selasa (17/11).

Oleh sebab itu, pemerintah langsung merancang landasan hukum agar dapat memberikan dukungan kepada masyarakat melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

"Jadi pertama untuk bisa dukung dengan APBN harus ada landasan hukum makanya Presiden mengeluarkan Perppu Nomor 1 yang sekarang menjadi UU Nomor 2," ujarnya.

Banyak bantuan yang telah disalurkan pemerintah, seperti bantuan subsidi upah atau bantuan gaji untuk karyawan dengan gaji di bawah Rp5 juta per bulan sebanyak Rp600.000 per orang selama 4 bulan. Terbaru, pemerintah juga menyalurkan bantuan subsidi gaji khusus untuk guru honorer atau tenaga pendidik dengan status non-PNS sebesar Rp1,8 juta per orang.

Ditargetkan bantuan ini menyasar dua juta pendidik dan tenaga kependidikan Non-PNS atau tepatnya 2.034.732 orang. Rinciannya, 162.277 dosen pada PTN dan PTS, 1.634.832 guru dan pendidik pada satuan pendidikan negeri dan swasta. Lalu, 237.623 tenaga perpustakaan, tenaga laboratorium, dan tenaga administrasi.

"Ini adalah bentuk apresiasi dan juga keprihatinan dari pemerintah pusat untuk semua jasa guru-guru non PNS dan tenaga kependidikan yang ada di negara ini. Pemerintah harus hadir untuk para tenaga honorer dan dosen untuk bantu kita melalui masa kritis, dengan bantuan dukungan ekonomi yang bisa semangati mereka untuk terus didik anak-anak kita," ujar Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Anwar Makariem dalam webinar 'Bantuan Subsidi Upah Bagi Pendidik dan Tenaga Kependidikan Non PNS Di Lingkungan Kemendikbud Tahun 2020', Selasa (17/11).

Berikut fakta soal pencairan bantuan subsidi gaji untuk tenaga guru non-PNS hingga dosen dikumpulkan merdeka.com:

Baca Selanjutnya: Mekanisme Pencairan...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini