Faisal Basri Soroti Anggaran Pembangunan Infrastruktur di 2021

Kamis, 3 September 2020 11:40 Reporter : Dwi Aditya Putra
Faisal Basri Soroti Anggaran Pembangunan Infrastruktur di 2021 Faisal Basri. ©2018 Merdeka.com/Darmadi Sasongko

Merdeka.com - Ekonom Senior, Faisal Basri menyoroti struktur pengeluaran pemerintah dalam pembangunan infrastruktur di 2021 yang mencapai sebesar Rp414 triliun. Anggaran tersebut melonjak tajam dari yang dialokasikan pada tahun ini yang hanya sebesar Rp281,1 triliun.

"Nah kemudian kita lihat nih tahun depan masih susah-susah ini yang naik yang paling kenceng adalah pembangunan infrastruktur. Alokasi infrastruktur tertinggi sepanjang sejarah di tengah covid luar biasa," kata dia dalam diskusi, di Jakarta, Kamis (3/9).

Dia menduga alokasi pembangunan infrastruktur tersebut menjadi fokus penting pemerintah, dibandingkan dengan alokasi kesehatan. Di mana sektor kesehatan sendiri pada 2021 mendatang turun.

"Jadi lebih penting menyelamatkan proyek-proyek infrastruktur ketimbang menyelamatkan nyawa manusia dengan memvaksin kan secara gratis. Ini negara apa ini? Kalau di negara lain pemerintahannya sudah jatuh ini kalau begini caranya," kata dia.

Seperti diketahui, dalam Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) tahun 2021 mendatang pemerintah mengalokasikan anggaran sebesar Rp414 triliun untuk pembangunan infrastruktur yang utamanya digunakan untuk pemulihan ekonomi, penyediaan layanan dasar, serta peningkatan konektivitas. [azz]

Baca juga:
PUPR Catat Program Kota Tanpa Kumuh Serap 12.046 Tenaga Kerja
Pemerintah Siapkan Rp 25 T Agar Seluruh Warga Hingga Pelosok Desa Rasakan Internet
Pembangunan Infrastruktur 2021 Diarahkan untuk Dukung Pemulihan Ekonomi
Sri Mulyani: Infrastruktur Jadi Peran Penting dalam Pemulihan Ekonomi
Pembangunan Bandara Internasional Yogyakarta Habiskan Rp 11,3 Triliun
Menhub Budi Harap Bandara YIA Kerek Ekonomi Lokal di Tengah Pandemi Corona

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini