Fadli Zon Prediksi Pemindahan Ibu Kota Bakal Bernasib Seperti Esemka

Selasa, 3 September 2019 14:33 Reporter : Anggun P. Situmorang
Fadli Zon Prediksi Pemindahan Ibu Kota Bakal Bernasib Seperti Esemka Fadli Zon Soal Pemindahan Ibu Kota. Instagram Fadli Zon

Merdeka.com - Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), Fadli Zon, mengatakan rencana pemindahan ibu kota ke Kalimantan Timur akan bernasib sama dengan proyek mobil esemka yang dicanangkan oleh Presiden Joko Widodo ketika menjadi Walikota Solo. Proyek tersebut kini sudah tidak terdengar progresnya.

"Saya termasuk yang merasakan kalau dilakukan di 2023-2024 akan bernasib sama seperti esemka. Karena esemka itu causa pertama. Jadi saya kira akan bernasib sama kurang lebih," ujar Fadli saat memberi paparan diskusi di Gedung DPR, Jakarta, Selasa (3/9).

Fadli melanjutkan, pemindahan ibu kota tidak tepat dilakukan saat ini sebab belum terlalu mendesak. Masalah yang selama ini ada di Jakarta, seperti kemacetan dan banjir dinilai masih bisa diselesaikan dengan penanganan khusus.

"Jakarta menurut saya tidak ada masalah banjir dan macet, kan dulu janjinya Jokowi waktu masih jadi gubernur 'kalau saya presiden nanti beres ini Jakarta karena presiden ikut membantu menyelesaikan persoalan Jakarta' tapi jadi ternyata tidak," jelasnya.

Untuk itu, dia meminta sebelum pemerintah memindahkan ibu kota sebaiknya mendengar aspirasi rakyat. Jangan sampai pemerintah hanya mendengar keinginan kelompok tertentu atau keinginan diri sendiri.

"Saya berharap hari ini kita tidak hanya berbicara pepesan kosong. Pendapat rakyat sangat penting. Jadi jangan sampai keinginan Presiden itu (pemindahan ibu kota) hanya keinginan Presiden sendiri atau keinginan kelompok, tapi keinginan dan kebutuhan seluruh masyarakat Indonesia," tandasnya. [bim]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini