F1 Powerboat, Kembalikan Potensi Wisata di Danau Toba

Rabu, 25 Januari 2023 11:57 Reporter : Merdeka
F1 Powerboat, Kembalikan Potensi Wisata di Danau Toba Danau Toba. ©Creative Commons/Zaenulihsan91

Merdeka.com - F1 Powerboat atau FI H20 World Series akan diselenggarakan pada Februari 2023 mendatang di Danau Toba, Sumatera Utara. Kejuaraan Dunia Perahu Motor ini diharapkan bisa mengembalikan potensi wisata Danau Toba di mata dunia.

Head of Strategic Marketing and Customer Experience in Journey, Ricky Wirjan mengatakan, Danau Toba merupakan salah satu Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) di Indonesia. Bahkan, Danau Toba sudah dikenal lebih dulu dibanding destinasi wisata prioritas lainnya.

"Kalau kita dengar nama Danau Toba ini sudah dikenal cukup lama selain Bali orang pasti sudah tahu, selebihnya destinasi baru. Mandalika baru kedengaran 2-3 tahun terakhir, apalagi Likupang banyak yang salah kira, kirain di NTT padahal di Sulawesi Utara. Tapi kalau Danau Toba sudah puluhan tahun," kata Ricky dalam acara Genposting: F1 Powerboat, Perkuat Potensi Wisata Danau Toba, Rabu (25/1).

Apalagi Danau Toba pada tahun 1970 dikenal sebagai destinasi wisata orang Eropa. Artinya, Danau Toba merupakan destinasi yang sudah cukup lama dikenal, tapi potensinya belum optimal. Oleh karena itu, untuk mengoptimalkan kembali potensi Danau Toba perlu diadakan event besar, salah satunya "F1 Powerboat".

"Supaya Danau Toba ini mengembalikan potensinya agar dikenal di mata internasional, cara dikenal mata Internasional kalau kita pasang iklan di billboard luar negeri mungkin tidak selalu optimal, tapi kalau bikin event gebrakan internasional," ujarnya.

Dia mencontohkan, penyelenggaraan MotoGP di Mandalika, Lombok. Semua negara menjadi tahu destinasi wisata Mandalika berkat ajang Balap motor Internasional tersebut. Hal yang sama juga diharapkan melalui ajang F1 powerboat yang akan dilangsungkan di Danau Toba.

"MotoGP seluruh dunia sudah tahu Mandalika, dan ini sama sekarang Danau Toba kita bangkitkan lagi potensinya menyelenggarakan F1 Powerboat, karena potensinya Danau Toba itu air, tidak mungkin membangun sirkuit," pungkasnya.

Reporter: Tira Santia

Sumber: Liputan6.com [azz]

Baca juga:
Ajang F1 H20 Toba 2023 Bakal Dongkrak Pariwisata dan Tumbuhkan Pengusaha UMKM
Sandiaga Uno Target Jumlah Turis China ke Indonesia Tembus 2.500 Orang per Hari
Ketika Pengelola Wisata di Bali Andalkan Kunjungan Turis China
Jadi Provinsi Termiskin di Pulau Jawa, Yogyakarta Punya Desa Wisata Terbaik di Dunia
Berkunjung ke Komplek Cemara Asri, Ada Vihara Seluas 4,5 Hektare
Per Hari Ini, Tak Ada Pengecekan Tambahan untuk Turis China Masuk RI

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini