ESDM: Tambang Emas Bolaang Magondow yang Longsor Tidak Kantongi Izin

Rabu, 27 Februari 2019 16:54 Reporter : Merdeka
ESDM: Tambang Emas Bolaang Magondow yang Longsor Tidak Kantongi Izin Longsor tambang emas. ©2019 Merdeka.com

Merdeka.com - Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) menegaskan bahwa ‎kegiatan penambangan emas di Bolaang Magondow Sulawesi Utara dilakukan tanpa izin. Tiga bulan sebelum peristiwa longsor terjadi, ESDM telah melayangkan surat ke Pemda dan pihak keamanan untuk menertibkan penambangan ilegal di wilayah tersebut.

"Tiga bulan lalu Kami sudah mengirimkan surat ke pemerintah daerah dan pihak keamanan," ucap Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi Publik, dan Kerja Sama (Biro KLIK) Kementerian ESDM, Agung Pribadi di Jakarta, Rabu (27/2).

Saat ini, ESDM mengirimkan inspektur tambang untuk membantu proses pencarian korban longsor tambang emas di Bolaang Magondow, Sulawesi Utara. Pengiriman inspektur tambang sebagai perwakilan pemerintah yang menguasai kondisi tambang.

"Dari Ditjen Minerba sudah menurunkan inspektur tambang yang mengetahui teknis pertambangan ke daerah‎ longsor," kata Agung.

Menurut Agung, inspektur tambang tersebut ‎dengan keahlian teknis di bidang pertambangannya, akan membantu petugas untuk mencari korban yang tertimbun longsor. "Inspektur tambang akan koordinasi dengan tim penyelamat di sana, untuk membantu pencarian dari sisi teknis tambang," tuturnya.

Untuk diketahui, longsor tambang emas di Bolaang Magondow Sulawesi Utara terjadi pada Selasa malam (26/2), dilaporkan ada 60 warga yang tertimbun longsor.

Reporter: Pebrianto Eko Wicaksono

Sumber: Liputan6.com [idr]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini