ESDM Kaji Skema Lelang Turunkan Biaya Pembangunan PLTS Skala Besar

Rabu, 16 September 2020 21:53 Reporter : Anisyah Al Faqir
ESDM Kaji Skema Lelang Turunkan Biaya Pembangunan PLTS Skala Besar panel surya. ©REUTERS/Regis Duvignau

Merdeka.com - Bank Pembangunan Asia atau Asian Development Bank (ADB) saat ini tengah melakukan studi terhadap lelang Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) skala besar yang dilakukan Pemerintah Indonesia. Dalam waktu yang bersamaan Kementerian ESDM sedang memproses Peraturan Presiden (Perpres) terkait pembelian energi terbarukan.

"Saat ini kita sedang proses dengan ADB, mereka lagi melakukan studi terkait cara kita dalam melakukan lelang PLTS skala besar," kata Direktur Aneka Energi Baru dan Energi Terbarukan, Kementerian ESDM, Harris dalam Virtual Press Conference GNSSA 2.0: Siap Beratap Panel Surya, Jakarta, Rabu (16/9).

Kerjasama ini bertujuan agar biaya pemasangan alat untuk PLTS lebih terjangkau. Sehingga harga jualnya nanti bisa mencapai 5 sen dari yang saat ini 5,8 sen.

"Pengadaan skala besar PLTS dengan target harga yang bisa mencapai 5 sen, kalau kita kan ini sekarang masih 5,8 sen," kata dia.

Jika harga listrik PLTS bisa turun menjadi 5 sen, Harris menyebut, modal awal pemasangan alat PLTS pun akan lebih murah dari yang ada saat ini. Sehingga PLTS bisa diterapkan di Indonesia.

Baca Selanjutnya: Benahi Regulasi...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini