ESDM: Hemat energi, hemat biaya

Jumat, 10 Agustus 2012 17:30 Reporter : Saugy Riyandi
ESDM: Hemat energi, hemat biaya Hemat energi. ©2012 Merdeka.com

Merdeka.com - Pemerintah meyakini, penghemat energi merupakan ujung tombak dari semua bentuk penghematan. sebab, dengan penghematan energi secara nasional, akan berimplikasi pada penghematan anggaran pemerintah. Namun, hal tersebut akan dicapai apabila merubah pola dan perilaku di masyarakat dan lingkungan pemerintah.

"Hemat energi berarti hemat biaya, bukan hanya masyarakat tapi anggaran pemerintah," ujar Wakil Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Rudi Rubiandini di Hotel Borobudur, Jakarta, Jumat (10/8).

Selain itu, Rudi penghematan energi juga dapat meningkatkan ketahanan energi, dan mengurangi polusi Udara. Saat ini, emisi global meningkat hampir 7-10 kali per tahun. "Ketahanan energi jadi sangat penting secara global emisi juga sangat penting di Indonesia sendiri salah satu meningkat 7-10 kali lipat jika kita tidak meningkatkan diversifikasi dan penghematan energi," jelas Rudi.

Penghematan energi membutuhkan langkah kongkret. Pihaknya meminta masyarakat dan pemangku kepentingan menjalankan prinsip 3M yakni Mematikan lampu pada saat tidak digunakan, mencabut peralatan listrik jika tidak digunakan, dan menyesuaikan suhu ruangan.

"Ini merupakan formula yang mudah, bertitikberat pada perilaku atau behavior," katanya.

[oer]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. ESDM
  3. Hemat Energi
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini