Erick Thohir Yakin Ada Kesempatan RI Menyusul Jadi 5 Besar Ekonomi Dunia

Jumat, 11 September 2020 11:03 Reporter : Merdeka
Erick Thohir Yakin Ada Kesempatan RI Menyusul Jadi 5 Besar Ekonomi Dunia Menteri BUMN Erick Thohir. ©Humas BNPB

Merdeka.com - Ketua Pelaksana Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (PCPEN) Erick Thohir menyatakan, kondisi ekonomi Indonesia masih lebih baik dari negara-negara G20 di tengah pandemi Covid-19. Hal ini berbanding terbalik dengan negara di Asia Tenggara, Eropa dan Amerika yang memasuki masa krisis.

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) ini menilai, dengan adanya pandemi ini, mungkin saja peluang Indonesia masuk 5 besar ekonomi dunia jadi lebih besar.

"Ada data yang menggelitik, di 2024 nanti bukan tidak mungkin, dengan adanya pandemi ini, kita ada kesempatan menyusul (masuk ke 5 besar ekonomi dunia)," ujar Erick dalam acara Dies Natalis 63 Tahun Unpad secara virtual, Jumat (11/9).

Dia mengibaratkan 'kejar-kejaran' pertumbuhan ekonomi antar negara di tengah pandemi seperti lomba siput. "Semuanya lambat, tapi alhamdulillah, selambat-lambatnya kita masih bisa masuk 5 besar ekonomi dunia di tahun 2024," ujarnya.

Menurutnya, pertumbuhan ekonomi Indonesia yang tidak ambles seperti negara lain disebabkan oleh kebijakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang tidak menerapkan lockdown.

Oleh karena itu, pihaknya berharap pertumbuhan ekonomi Indonesia di akhir tahun bisa lebih baik, apalagi proyeksi pertumbuhan ekonomi lembaga internasional seperti Bank Dunia dan Asian Development Bank (ADB) terhadap Indonesia di tahun 2021 mencapai 4,5 persen hingga 5 persen.

"Oleh karena itu kita harap kuartal III dan IV atau akhir tahun paling tidak kita bisa 0 persen atau plus sedikit, kalo minus pun jangan kebanyakan," tuturnya.

Reporter: Athika Rahma

Sumber: Liputan6.com [azz]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini