Erick Thohir Soal Operasi Yustisi: Kita Tidak Mau Ada Kesan Memaksa

Jumat, 11 September 2020 11:55 Reporter : Merdeka
Erick Thohir Soal Operasi Yustisi: Kita Tidak Mau Ada Kesan Memaksa Erick Thohir. ©2018 Liputan6.com/Herman Zakharia

Merdeka.com - Pemerintah bersama TNI-Polri akan menggelar operasi yustisi protokol kesehatan untuk menekan angka penyebaran virus Covid-19 Ketua Pelaksana Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (PCPEN) Erick Thohir menyatakan, operasi ini dilakukan karena sosialisasi penerapan protokol Covid-19 saja tidak cukup.

Dia menjelaskan, perlu ada pendisiplinan yang lebih ketat agar protokol ini bisa berjalan dengan baik. Meski demikian, operasi yustisi ini tidak bertujuan menimbulkan kesan pemaksaan kepada masyarakat.

"Karena itu kita luncurkan bersama TNI-Polri, kita tidak mau ada kesan seakan-akan represif, apalagi ada Inpres (yang mengatur soal operasi yustisi), tapi ini tidak lain kita mau sosialisasikan. Peningkatan disiplin masyarakat harus terjadi," ujar Erick dalam Dies Natalis 63 Tahun Universitas Padjajaran secara virtual, Jumat (11/9).

Erick melanjutkan, pemerintah tidak mendahulukan ekonomi di tengah pandemi. Hal itu terlihat dari program prioritas Komite PCPEN, Indonesia Sehat, yang memastikan rakyat aman dari Covid-19 dan mengutamakan reformasi layanan kesehatan.

Untuk mendukung Indonesia Sehat, maka kedisplinan memakai masker, cuci tangan dan jaga jarak di masyarakat harus terlaksana dengan baik. "Hal ini tidak mudah, tapi saya yakini ini akan berjalan bila masyarakat mau menjadi bagian. Kita harus bersama-sama sukseskan program sosialisasi dan pendisipilinan," imbuhnya.

Adapun, operasi yustisi akan diberlakukan oleh TNI-Polri bekerja sama dengan pemerintah daerah, didukung KPU, Bawaslu, tokoh agama, dan masyarakat untuk menegakkan disiplin protokol kesehatan hingga ke desa-desa dan kelurahan.

Reporter: Athika Rahma

Sumber: Liputan6.com [azz]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini