Erick Thohir Sebut Penggunaan Kompor Listrik Hemat 20 Persen Pengeluaran Rumah Tangga

Rabu, 31 Maret 2021 18:30 Reporter : Anisyah Al Faqir
Erick Thohir Sebut Penggunaan Kompor Listrik Hemat 20 Persen Pengeluaran Rumah Tangga Erick Thohir. ©2018 Liputan6.com/Herman Zakharia

Merdeka.com - PT Perusahaan Listrik Negara atau PLN (Persero) mencanangkan program konversi 1 juta kompor gas ke kompor listrik tahun ini. Menteri BUMN, Erick Thohir mengatakan program ini akan sangat menguntungkan bagi pemerintah dan masyarakat.

Bagi masyarakat, penggunaan kompor listrik akan menghemat pengeluaran rumah tangga. Rata-rata penggunaan kompor gas LPG masyarakat dalam sebulan mencapai Rp147.000. Bila masyarakat beralih ke kompor listrik maka akan menghemat 20 persen pengeluaran untuk membeli energi.

"Rata-rata biaya masak di rumah Rp147.000 per bulan. Dengan kompor listrik ini akan hanya memakai Rp118.000 per bulan," kata Erick dalam konferensi pers virtual, Jakarta, Rabu (31/3).

Bagi pemerintah, penggunaan kompor listrik akan menghemat biaya impor LPG. Bila ada 15 juta pengguna kompor listrik, maka akan banyak menghemat anggaran pemerintah.

"Kalau 15 juta kompor listrik terpakai, maka akan terjadi penghematan luar biasa untuk impor LPG," kata Erick.

Erick yakin, program ini akan mencapai targetnya hingga 5 tahun ke depan. Selama semua masyarakat mau bergotong-royong mendukung program pemerintah.

"Kalau dulu kita bisa mengubah kompor minyak ke gas, kenapa kita enggak ganti juga ke kompor listrik sekarang," kata dia.

Baca Selanjutnya: Deretan Inovasi...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini