Erick Thohir Jawab Tudingan Indonesia Gagal Tangani Virus Corona

Sabtu, 15 Agustus 2020 12:47 Reporter : Merdeka, Anggun P. Situmorang
Erick Thohir Jawab Tudingan Indonesia Gagal Tangani Virus Corona Erick Thohir. ©2018 Liputan6.com/Herman Zakharia

Merdeka.com - Ketua Pelaksana Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) Erick Thohir menjawab tudingan sejumlah pihak yang mengatakan pemerintah telah gagal dalam memerangi wabah pandemi Covid-19. Secara angka penanganan Indonesia masih jauh lebih baik dibanding negara-negara besar seperti Amerika Serikat.

"Jadi tidak ada yang salah dari Indonesia. Seakan-akan asumsi luar kita gatot, gagal total. Padahal kita ini sama baiknya. Kalau mau berdebat tingkat misalnya yang meninggal, kita balikan jumlahnya yang meninggal dan populasi, kita ini jauh lebih baik dari Amerika, Rusia, India," ujarnya, Sabtu (15/8).

"Kalau dibandingkan dengan negara yang populasinya 1/10 ya tidak fair. Apalagi kita negara kepulauan, bukan negara daratan," sambungnya.

Erick Thohir mengatakan, saat ini pemerintah tengah berupaya menekan laju penyebaran Virus Corona. Bersamaan dengan itu, pemerintah juga memproduksi vaksin dan menyiapkan dana pemulihan ekonomi untuk menjaga agar negara kuat menghadapi pandemi.

Penemuan vaksin merupakan prioritas selanjutnya setelah pemberian stimulus. Dia memproyeksikan, vaksin yang dikerjakan holding BUMN Farmasi PT Bio Farma (Persero) tersebut bakal selesai dan diberikan kepada seluruh masyarakat di awal tahun depan.

"Kita menggerakan yang namanya stimulus ekonomi dan penemuan vaksin, yang nantinya kita harapkan awal tahun depan itu imunisasi massal," jelasnya.

Erick Thohir menambahkan, penemuan vaksin tersebut merupakan kunci awal untuk kembali menumbuhkan aktivitas perekonomian. Oleh karenanya, dia juga mengimbau Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia yang sempat meminta prioritas pemerintah untuk bersabar sedikit.

"Karena itu kemarin saya juga ketemu Kadin, kita sampaikan sabar. Karena setelah ini dilakukan baru kita bicara Indonesia tumbuh," imbuh Erick.

Reporter: Maulandy Rizky Bayu Kencana
Sumber: Liputan6.com [did]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini