Erick Thohir Diharap Pilih Bos Inalum yang Mengerti Industri Pertambangan

Senin, 28 Oktober 2019 15:14 Reporter : Dwi Aditya Putra
Erick Thohir Diharap Pilih Bos Inalum yang Mengerti Industri Pertambangan Erick Thohir. ©2018 Liputan6.com/Herman Zakharia

Merdeka.com - Direktur Utama PT Bukit Asam Tbk (PTBA), Arviyan Arifin menginginkan agar posisi Direktur Utama PT Indonesia Asahan Alumunium (Inalum) dapat diisi oleh orang yang mengerti dan mumpuni di sektor industri pertambangan. Sebab, selain menjabat sebagai pucuk pimpinan perusahaan, sosok tersebut juga akan memimpin Holding Industri Pertambangan (HIP) yang telah berganti nama menjadi MIND ID.

"Menurut saya, dia harus yang mengerti soal industri tambang, dan memiliki komitmen untuk mengembangkan industri itu sebagai suatu industri strategis di Indonesia karena tantangannya cukup besar," jelasnya saat ditemui di Jakarta, Senin (28/10).

Arviyan menyampaikan, sektor industri pertambangan saat ini memang menjadi tantangan semua pihak. Di mana, seluruh BUMN di sektor pertambangan sendiri kini tengah melakukan hilirisasi sektor pertambangan.

"Karena harapan presiden juga demikian, kita harus melakukan industrialisasi hilirisasi dari kekayaan alam kita," imbuhnya.

Dia meyakini siapapun yang akan ditunjuk Menteri BUMN Erick Thohir sebagai Dirut Inalum adalah orang yang mengerti tentang kondisi tersebut. "Sehingga harapan Presiden untuk mengembangkan hilirisasi seperti yang beliau sampaikan di pidato kenegaraan juga bisa kita laksanakan dengan baik," tandasnya.

Seperti diketahui, Direktur Utama PT Indonesia Asahan Alumunium (Inalum), Budi Gunadi Sadikin, secara resmi ditunjuk oleh Presiden Joko Widodo untuk mengisi posisi Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Budi akan mendampingi Erick Tohir sebagai pimpinan BUMN bersamaan dengan Direktur Utama Bank Mandiri, Kartika Wirjoatmodjo. [idr]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini