Erick Thohir: 3 Deputi Akan Fokus Jalani Tugas Fungsional

Senin, 2 Desember 2019 16:16 Reporter : Merdeka
Erick Thohir: 3 Deputi Akan Fokus Jalani Tugas Fungsional Erick Thohir. ©2018 Liputan6.com/Herman Zakharia

Merdeka.com - Menteri BUMN, Erick Thohir akan mengubah 3 deputi untuk fokus menjalankan tugas fungsional dalam bidang SDM, hukum dan keuangan. Ini dilakukan setelah sebelumnya Erick Thohir melakukan bersih-bersih deputi di kementerian.

Erick menambahkan, tugas Sekretaris Menteri (Sesmen) sendiri akan tetap dalam ranah administrasi.

Lebih lanjut, pemangkasan deputi ini sejalan dengan visi Presiden dalam menegakkan reformasi birokrasi. Oleh karenanya, hal pertama yang dilakukan Erick adalah dengan mengurangi beban birokrasi di tubuh Kementerian BUMN sendiri.

"Kementerian BUMN ini harus service oriented. Jangan sampai direksi-direksi ditambah. Oleh karenanya kita ubah struktur direksi," ujar Erick di Jakarta.

Sebagai informasi, 7 deputi yang ada di Kementerian BUMN telah dipangkas oleh Erick hingga tersisa 3 deputi. Posisi Sesmen masih bertahan, sementara ada penambahan posisi baru yaitu Inspektur Jenderal.

1 dari 1 halaman

Presiden Jokowi Dukung Erick Thohir Rombak Direksi dan Pengelolaan BUMN

Presiden Joko Widodo atau Jokowi mendukung Menteri Badan Usaha Milik Negara(BUMN) Erick Thohir yang sedang melakukan perombakan dalam lingkup BUMN. Dia berharap dengan dilakukannya perubahan akan membuat manajemen yang baik dalam tubuh BUMN.

"Saya ingin pengelolaan di BUMN diperbaiki, baik perombakan total, maupun manajemen yang ada," kata Jokowi saat santap siang bersama di Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Senin (2/12).

Jokowi menegaskan bahwa BUMN harus produktif dan jangan ada yang terbengkalai. "Jangan sampai ada aset yang tidak produktif, sehingga mengurangi produktivitas yang ada di manajemen yang ada," ungkap Jokowi.

Terkait beberapa nama-nama mantan menteri yang didapuk jadi jabatan dirut BUMN pun Jokowi enggan menanggapi. Dia meminta publik untuk bertanya langsung kepada Erick.

"Urusan BUMN, apalagi yang berkaitan dengan teknis. Itu berkaitan dengan Menteri BUMN, tanya ke Erick langsung," ungkap Jokowi.

Reporter: Athika Rahma

Sumber: Liputan6.com [idr]

Baca juga:
Presiden Jokowi Dukung Erick Thohir Rombak Direksi dan Pengelolaan BUMN
Erick Thohir: Pembentukan Anak Usaha BUMN Tak Jelas Akan Saya Setop
Erick Thohir Bakal Ubah Konsep Super Holding BUMN jadi Sub-Holding, Begini Detailnya
Erick Thohir: Pendapatan BUMN Rp210 Triliun, 76 Persennya Disumbang 15 Perusahaan
Pemerintah Suntik Rp105 T PMN dalam 4 Tahun, Terbesar untuk PLN dan Hutama Karya

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini