Ekspor Kendaraan Indonesia Terendah di Asia Tenggara

Kamis, 10 Juni 2021 14:57 Reporter : Merdeka
Ekspor Kendaraan Indonesia Terendah di Asia Tenggara Ekspor mobil Tanjung Priok. ©2017 merdeka.com/arie basuki

Merdeka.com - Ketua 1 Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) Jongkie Sugiarto mengatakan produksi ekspor otomotif Indonesia masih kalah jauh dibandingkan negara-negara tetangga. Seperti Thailand dan Malaysia.

"Produksi kendaraan bermotor di beberapa negara di ASEAN, Indonesia itu kurang lebih produksinya diantara 1,3 juta - 1,4 juta unit per tahunnya. Thailand itu ada di posisi nomor 1 dengan produksi kurang lebih 2 juta unit per tahun, kedua Malaysia, ketiga Vietnam, Filipina dan seterusnya," kata Jongkie dalam Webinar "Sektor Otomotif Nasional : Mengubah Tantangan Menjadi Peluang", Kamis (10/6).

Jongkie membandingkan produksi otomotif Indonesia dengan Thailand. Menurutnya, Thailand mampu mengekspor kendaraan hingga 1 juta unit. Lantaran penjualan di dalam negeri bisa tembus di angka 800.000 hingga 1 juta unit per tahunnya. Sisanya kemudian diekspor.

Ekspor 1 juta unit bisa terwujud, sebab Thailand mampu memproduksi kurang lebih 2 juta unit per tahunnya sementara Indonesia hanya diangka 1,3 juta unit per tahun. Jika dilihat dari penjualan rata-rata Indonesia di dalam negeri mencapai 1,1 juta unit hingga 1,2 juta unit.

"Thailand penjualannya juga di angka 800.000 sampai 1 juta unit. Nah sekarang pertanyaannya Thailand bisa memproduksi sampai 2 juta unit, di mana 1 juta untuk pasar domestiknya, berarti mereka bisa mengekspor 1 juta mobil per tahun. Kita harus iri hati betul,” ujarnya.

Angka ekspor otomotif Indonesia, lanjutnya, baru mencapai 200.000 hingga 300.000 unit saja per tahunnya, jika dihitung dari kalkulasi rata-rata produksi yang mencapai 1,3 juta unit per tahun.

"Nah itulah yang kita katakan bahwa Thailand ini luar biasa ekspornya bisa sampai 1 juta per tahun bahkan bisa lebih dari itu," imbuhnya.

Baca Selanjutnya: Permasalahan Indonesia...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini