Ekspor Indonesia ke Afghanistan Naik 3 Kali Lipat Usai Taliban Berkuasa

Rabu, 15 September 2021 14:40 Reporter : Merdeka
Ekspor Indonesia ke Afghanistan Naik 3 Kali Lipat Usai Taliban Berkuasa Aksi Protes Warga Afghanistan Atas Penggusuran Tanah Rumah Mereka. ©2021 AFP/Javed Tanveer

Merdeka.com - Penguasaan Taliban terhadap Afghanistan turut memberikan berkah tersendiri bagi Indonesia. Khususnya di sektor perdagangan, di mana nilai ekspor Indonesia ke Taliban naik lebih dari tiga kali lipat.

"Ekspor Indonesia ke Afghanistan naik 361,70 persen secara month to month di Agustus 2021," jelas Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Margo Yuwono, Rabu (15/9).

Margo mengatakan, komoditas ekspor utama Indonesia ke Afghanistan berasal dari barang non-migas, antara lain berupa produk industri farmasi, buah-buahan, karet, dan barang dari karet.

Menurut laporan yang diberikan BPS kepada Liputan6.com, nilai ekspor Indonesia ke Afghanistan mencapai USD 2,286 juta per Agustus kemarin. Jumlah itu naik dari sumbangan ekspor per Juli 2021 yang sekitar USD 495 ribu.

Sementara nilai impor dari Afghanistan ke Indonesia justru turun 97,98 persen secara bulanan (month to month). Namun BPS tidak mencantumkan angka pasti nilai impor tersebut.

Baca Selanjutnya: Selanjutnya...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini