Ekosistem Logistik Nasional Target Diterapkan di Seluruh Pelabuhan dan Bandara

Kamis, 18 Maret 2021 14:19 Reporter : Sulaeman
Ekosistem Logistik Nasional Target Diterapkan di Seluruh Pelabuhan dan Bandara Menteri Keuangan Sri Mulyani rapat kerja dengan Komisi XI DPR. ©2021 Liputan6.com/Angga Yuniar

Merdeka.com - Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani menilai, peluncuran ekosistem logistik Batam atau Batam Logistic Ecosystem (BLE) sebagai pilot project dari ekosistem logistik nasional (National Logistic Ecosystem/NLE) akan meningkatkan level kompetisi di kawasan perdagangan bebas (free trade zone/FTZ).

Tak hanya Batam, Menteri Sri Mulyani menambahkan, platform ekosistem logistik nasional nantinya akan diterapkan di seluruh pelabuhan dan bandara di Indonesia.

"NLE ya berarti seluruh Indonesia. Akan diberlakukan ke semua port dan airport. Ini berarti akan ekspansi sehingga efisiensi nasional muncul," jelas dia dalam acara peluncuran Batam Logistic Ecosystem, Kamis (18/3).

Menteri Sri Mulyani pun berharap, seluruh kebijakan untuk memperbaiki lingkungan bisnis dan penciptaan kerja seperti tercantum dalam Undang-Undang (UU) Cipta Kerja bisa diterjemahkan secara konkret dalam bentuk pembentukan BLE dan NLE.

"Ini bagian dari mengurangi regulasi dan inefisiensi sehingga lebih mudah memberikan kepastian. Lalu ini dianggap akan menciptakan koordinasi platform bagi seluruh kementerian/lembaga dan pemda serta dunia usaha sehingga koordinasi jauh lebih mudah transparan dan memberi kepastian," ujarnya.

Lebih jauh, Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia ini juga menyatakan, kehadiran BLE dan NLE akan jadi bagian dari program pemulihan ekonomi nasional pasca pandemi Covid-19.

"Kedua, ini bagian dari pemulihan ekonomi. Dalam satu tahun, dengan kegiatan ekonomi menurun, ekspor/impor, justru dengan situasi ini kita perlu membenahi diri. Waktu pulih dia bisa memberikan layanan yang jauh baik. Ini meningkatkan dan akselerasi pemulihan," ungkapnya.

Baca Selanjutnya: Alasan Pembentukan Ekosistem Logistik Batam...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini